Belajar Video Editing

31 Januari, 2007
Banjarmasin, 31 Januari 2007

Zaman terus bergerak maju, tuntutan untuk terus mengembangkan diri adalah harga mati. Kalau selama ini saya terbiasa membuat loop untuk presentasi dan profil pembicara di event off-air sebatas via PowerPoint, kini hal itu sudah di bawah standar. Saatnya saya meningkatkan performa tampilan. Sekarang saya harus bisa bikin profil berformat Video.

Di sisi lain, keperluan untuk transfer dari Handycam Analog hingga menjadi VCD/DVD juga sudah semakin meningkat, sementara kalau terus-terusan bergantung pada jasa rental, biaya yang dikeluarkan membengkak, hasilnya pun kadang kurang memuaskan.

Saya rasa sudah saatnya belajar serius mengenai video editing. Terus terang saja, saya dummy banget mengenai hal ini. Tapi saya rasa tidak ada kata terlambat untuk belajar, kan? Toh kalau dipikir-pikir, sebelum masuk kantor ini saya buta sama sekali mengenai apa itu Cool Edit Pro (Adobe Audition), CorelDraw, dan Mozilla Firefox. Bisanya baru MS Office sama sedikit-sedikit Nero Suite. Toh sekarang semua itu sudah saya kuasai dengan taraf hampir (sok) expert, lantaran digauli hampir setiap hari.

Masalahnya sekarang tinggal 2, komputer yang ada sekarang katanya tidak mencukupi untuk dijadikan studio film digital. Perlu upgrade sana-sini sekiranya komputer yang ada layak pakai.

Kedua, saya harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya terkait hal ini. Saya sudah googling juga tanya-tanya via e-mail ke staf IT Design Balikpapan. Dan untuk memperkaya wawasan saya, posting kali ini sekaligus saya jadikan surat terbuka untuk kawan-kawan blogger yang tentunya lebih banyak pengetahuannya mengenai video editing. Saya tahu kawan-kawan banyak yang sehari-hari bergelut di dunia digital. Seperti Joe yang maestro Photoshop dan Pak Arif yang jago Joomla, juga teman-teman lainnya yang mungkin pernah punya pengalaman dengan video editing, saya mohon pencerahan dan informasinya yaaa… Terima kasih sebelumnya atas bantuan antum semua.

Fokus pertanyaan saya antara lain:
- Saya pingin tahu spesifikasi komputer yang memadai supaya kuat buat editing dan render video? Ya prosesornya, RAM-nya, Harddisk, VGA Card dll-nya…
- Recommended Hardware apa saja biar bisa transfer dari handycam ke komputer juga edit video agar optimal?
- Software buat ngedit video yang bagus dan mudah dipelajari apa saja ya? Pernah saya coba menggunakan Adobe Premiere Pro (BAJAKAN) tapi kok ya susah, mungkin karena belajarnya belum serius kali ya??
- Di mana saya bisa mendapatkan informasi dan tutorial yang lengkap dan bagus terkait editing video, tapi yang mudah dipelajari, bahasanya ndak njlimet, hehe…
- Apa aja syarat biar bisa jadi designer yang handal. Ada tips en triks khusus ndak?

Sementara itu dulu deh, nanti kalau ada pertanyaan bakal saya posting lagi… Thanks sebelumnya.

About these ads

258 Tanggapan to “Belajar Video Editing”


  1. Pertama…, saya nggak jago Joomla… hehehe… Kalo jago makan, itu betul! Hehehe

    Kedua…, Ini pengalaman pribadi, sekedar share.
    Biasanya, kalau memakai (Adobe) Premiere, kapasitas RAM yang saya butuhkan, minimal satu giga (1GB) DDR400.
    Processor min AMD XP2500 Atau Intel PIV 2.00.
    VGA, kalau mau standar AGP8x, pakai saja GeForce FX 5200 128mb.
    kalau mau pakai Video Card Editing, kalau mau keren dikit, pakai Matrox RTX100. Mau keren banyak, pakai EDIUS SP (harganya sekitar 30 jutaan).
    Harddisk, harus gede, sebab hasil rendering itu butuh space yang b esar. Makin besar kapasitas harddisk, makin baik.

    Sotware buat ngedit, kalau di kantor, saya pakai (Adobe) premiere, sebab sudah dibundel dalam Video Card. Kalau di rumah, pakai Kino Video Editor, gratis sih, hehe.

    Kalo informasi dan tutorial, biasanya googling atau forum khusus video editing. Kalo yang lebih mudah dan lebih cepat lagi, kursus ajah. Hehe

    Tips disainer andal?
    Sebenernya saya bukan disainer andal, tapi saat sok ngaku-ngaku ajah. Hehehe.
    Tipsnya adalah, coret-coret dulu di kertas. Abis itu ‘naikkan’ ke dalam versi digitalnya. Yang di kertas itu, biasanya disebut sebagai konsep. Kalau di film biasanya disebut sebagai storyboard.

    Mau lebih lanjut lagi, kayaknya Pak Iman (Brotoseno) yang lebih layak menjawabnya.

    Semoga sukses. Selamat belajar euy!

  2. Amd Says:

    @ Arif Kurniawan
    Terima kasih, Pak. Semoga bisa cepat belajarnya deh.

  3. helgeduelbek Says:

    Saya belum pernah ngoprek video editing, gak punya alatnya. Tapi kalau belajar yang terkait dengan komputer mesti getol pool. Jangan nyerah, internet gudang ilmu lebih murah, ikuti forum yang sesuai dengan kegiatan itu. Jangan lupa berbagi cerita tentang video editingnya

  4. Amd Says:

    @ Helgeduelbek
    Setuju Pak!
    Tadi pagi nyoba edit video pakai komputer yang ada, padahal cuma ngedit suaranya aja, komputernya udah patah-patah, kasian…

  5. antobilang Says:

    pakai windows movie maker yg udah SP 2 lumayan kok mas, kalau buat video koleksi pribadi, hihi…

    nah kalo mau yang seriusan, pake ulead aja lebih manusiawi tool2nya…editingnya per scene..
    enaknya pake premiere bekerjanya per frame, jadi kita mudah ambil bagian filem yang mau diedit, tapi kalo kompinya sudah uzur, ya kasian juga.

    kalo yang moderat sih ya ulead tadi.

  6. Amd Says:

    Iya juga, banyak yang saranin pake ulead, setidaknya buat sekedar ngambil video “kawinan” aja sudah cukup…

    Nanti deh saya coba dua-duanya.

  7. abdul Munir Says:

    Mas saya mau tanya nih. saya baru belajar tentang editting Video

    untuk card yang saya gunakan menggunakan Pinnecle Studio v. 10.5 namun pada saat saya memasukan effek transition ada beberapa effek yang menyertakan Logo pinnecle tsb. Gimana cara menghilangkan Logo tersebut karena pada saat dirender selalu ikut.

  8. Amd Says:

    Wah, kalo Pinnacle saya juga ndak pernah nyoba mas, biasanya kalau masih menyertakan logo itu yang versi gratisannya ya? Bukan full version atau istilah hitamnya yang udah dibajak (dicrack)? Saya juga kurang pasti, hehe..
    Mungkin bisa dicek di optionnya, siapa tahu ada setting untuk transition effectnya.
    Atau mas tanya aja ke forum-forum video editing, banyak kok yang bagus mas.

  9. smkn1bjm Says:

    kalo aku gak bisa pakai adobe mungkin karena malas belajar aja, tapi kalo ulead dan pinnacle aku rasa dua software itu yang paling mudah trus untuk capturenya pakai firewire lebih murah mungkin 3 tahun yang lalu aku beli 150 ribu kabel dan pci cardnya soalnya kompi ku gak ada colokan buat firewire. gambar bersih asal bisa seting2 dikit

  10. Amd Says:

    Kayaknya tergantung keperluan juga ya?
    Firewire? Boleh juga tuh, kalau sekedar buat capture video doang, kayaknya memang ndak perlu yang terlalu mahal ya?

  11. Hendra Says:

    mas-mas semuanya, apa keuntungan dan kelemahan kalau kita pakai pinnecle movie box versi 10.6 eksternal usb dibandingkan dengan kalau kita pakai card (internal)???tahanks sebelumnya

  12. mrtajib Says:

    lho kok suah ada yang menulis ini, tulisan saya ketingalan yah?

  13. yanuppix Says:

    kayaknya q telat nulisnya, tp cm kasih tau ja. kompiq yg bwt edit video tuh pake AMD Athlon Xp, trus ATI Radeon , RAM 1 Giga (512 x 2)
    capturenya pake firewire. ngeditnya pake sony vegas 5.0 n 7.0. animasinya pake after fx 6.5. pake sony vegas tuh enak, mudah makenya n ringan juga … :D

  14. Amd Says:

    @ Hendra
    Waduh, kelewat lama bener… Sorry berat nih…
    Wah, kalo yang USB saya kurang ngerti sih, tapi biasanya device USB masalahnya hanya agak lambat saja dalam transfer data, apalagi yang belum USB 2.0… CMIIW deh

    @ mrtajib :D Gpp kok Kang, tidak ada kata terlambat kok.

    @ yanuppix
    Makasih banyak mas. Sony Vegas ya? Wah, ntar saya cobain juga deh. Sementara ini sih saya baru belajar basic video editing pake Ulead Video Studio.

  15. rayamker Says:

    belajar dari pengalaman.. non-linear editing dengan premiere ternyata buat saya lebih nyaman & puas dibanding tools pop laen (ex.Ulead/Pinneacle) alasannya: kreativitas gag dibatasi sama software itu sndiri.ulead/pinnacle nunggu update vendor untuk dapat efek baru). awalnya, saya pakai pinnacle, ternyata gag “mesra” sama WindowsXP. banyak crash-nya! trus beralih ke Ulead, tapi apa daya spec kompu saya pas2an, lambuaaattttttt! =((( lalu nyoba premiere (otodidak), ternyata make versi Pro2 komputernya gag drop2, bahan editannya yang duluan abis! hehehe. saya simpulkan, premiere pro memang kalah jauh untuk urusan efek transisi dibanding Ulead, kalah keren lawan Pinnacle dgn smart sound-nya. tapi lebih ramah sama spec hardware dan sangat kompatibel dengan banyak format file, jadi saya bisa combine sama software lain macam after effects, 3dsmax, audition, dll. akhirnya kreatifitas itu sendiri yang bisa jadi batasan.

  16. Amd Says:

    Ya, itulah keuntungannya pake paket Adobe, soale banyak ragam program penunjangnya ya Pak?

    Makasih sharingnya ya Pak..

    Eh, Pak atau Mas nih? Situsnya masih under construction ya?

  17. raymaker Says:

    ya Alhamdulillah kalo ada gunanya..
    makin banyak sharing kan makin banyak ilmunya.

    website saya lum keurus mas, sibuk sama kerjaan. =))

  18. Mbenks Says:

    Ikutan gabung nih. Sekedar berbagi pengalaman.
    Soal editing, aku juga baru belajar. Tapi udah lumayan bisa nrima order. Hasilnya? Lumayan, bisa buat mantepin spek kompku dan buat beliin susunya anak2
    .
    Pertama beli buku UVS7, baca2, rasanya bisa. Trus beli Softw UVS 8 sekedar buat belajar, and langsung nekad trima order.

    Kepengen ningkat, cari soft yg sedikit pro (multi layer), ketemu Ulead Media 8 (UMS8)dan ternyata user friendly , encode TMPGenc 2.5, burning pake nero 2 dan hasil yg akhinya cukup bagus distel disemua player Vcd (bisa jalan).

    Sekarang mencoba beralih ke Premiere Pro2 (otodidak).Baru2 sich emang kagok, tapi sekarang udah agak lumayan njalaninnya. Masih pake TmpGenc2.5 untuk encode, tapi dibantu Debugmode Frameserver untuk jembatan, hasilnya bisa hemat waktu dan nggak ngabisin space di HD. Outputnya bisa langsung .mpeg.

    Kepengen rasanya ikut pelatihan APPro2.0. tapi di kotaku gak ada. Jadinya, ya ngoprek APP sendiri. Sambil trima order, sambil ndalemin isi APPro. Hehehehe.. Belajar tapi dibayar. Modalnya cuman komp di rumah.

    Makasih pak untuk ruang diskusi.

  19. Amd Says:

    Makasih juga masukannya Mas Mbenks. Well, sementara ini saya baru belajar pake Ulead 7 (maklum komputer yg dipake bener-bener ndak memenuhi syarat)Tapi setidaknya dasar-dasar pengoperasiannya sudah lumayan bisa saya kuasai. Ditambah dengan masukan dari komentar-komentar di postingan ini jadi banyak sekali menambah wawasan dan pengetahuan saya.

    Terima kasih semua :D

  20. vga editing Says:

    vga yang handal dan bandel untuk editing + harganya yang edial brapa,yah yg gak terlalu ngrogoh saku dalam.

  21. fermi bangka Says:

    Otodidak sih pakek Premiere pro2, belajar dr buku/internet, tp krn tiap hari new project-nya jd akrab deh…he.he..he…enak pakek APP2.0, awalnya bingungsih….pertama belajar ngedit film yahhh di ulead 8 sama pinacle 9….tp serba terbatas membuat kreasi yg manual, setelah coba pakek APP2 walaupun dg transisi yg sederhana & gak ada FX hollywood nya ha..ha…..apa aja keingin kita bisa terwujud dg APP, (dg syarat harus hafal perintah tools/menu nya…)tp yg biasa pakek photoshop atau after afect sangat suport dan familiar dg tools/menu yg tersedia di APP2. Pakek Teknik video effect Blue screen & green screen yg oke buat crop videonya….kyk photoshop aja…sangat suport dg software Adobe Audition, photoshop, after effect, corel, 3Dmax (utk modeling,animasi, dsb). Pakek APP2 export DVD dg hasil rendering yg bening
    . Jd klo mau beralih ke Profesional tunggu apalagi…pelajari APP2

  22. Asep Says:

    sekadar mengamini yanuppix, aku saranin pake sony vegas, aku pernah pake adobe premiere, bukan ngejelekin sich tapi agak rumit en hasil render vcd masih “kurang memuaskan”. Klo pake adobe premiere aku saranin pake render engine punya panasonic atau ligos, hasilnya lumayan.

    so selamat ngoprek, semoga menjadi video editor yang yahuuud

    thanxs meski telat banget

  23. roy sibarani Says:

    pengalaman aku selama ini untuk editing video dimana kualitas dan kejernihan hasil video yg high sangat diperlukan terutama pada hasil akhir project, kayaknya easy-easy aja…asal budget di kantong bisa mencukupi untuk beli PC yang superior.

    hasil akhir (after rendering VCD-mpeg1/DVD-mpeg2) tidak selalu terpatok kepada satu software saja, beberapa software mempunyai kelebihan atau kekurangan masing-masing.

    kalau aku sih jika cuma untuk mengedit ke kepingan VCD cuma memakai bantuan Cannopus Let’s Edit RT-2, hasil mpeg-1nya lumayan bagus..noise-noise di gambar bisa di minimalisir, trus burningnya pake nero suite 7.0, nah klo ngedit DVD aku biasanya pake pinneacle 10.6 hasilnya lebih bagus dibanding Cannopus…padahal klo ngedit mpeg-1 di pinneacle hasilnya buram..yg jadi pertanyaan : lho kok bisa gituhhh..??

    makanya aku jg bingung, harga pinneacle dibanding cannopus lebih mahalan cannopus (kira2 perbandingannya 3 jt an)..tapi kok menjajal DVD ajah cannopus kalah ama pinneacle..padahal harganya selangit….ee tanya kenapa!!

    so, saran aku….belilah bermacam-macam capture card, taruh di PC sebanyak-banyaknya, semampu-mampu PC lah kalau bisa..coba atu-atu…baru liat hasil endingnya……..bereskan…asal adong heffeng…..xixixi

    moga berkenan

  24. damay Says:

    mohon maaf sebelumnya. saya damay saya mau belajar adobe premiere,tapi saya masih bingung bagaimana caranya agar saya bisa belajar adobe premiere dan saya mau tau cara-cara belajar adobe premiere, mohon di bantu

  25. Amd Says:

    Waks.. Terlewat sekian lama… maaf…

    @ Vga Editing
    Biasanya sih, harga berbanding lurus dengan kualitasnya. Tentunya yang paling ideal ya yang harganya seminim mungkin dengan kualitas seoptimal mungkin.

    @ Fermi Bangka
    Wah, makasih masukannya yah. Tapi kelihatannya untuk bisa menikmati kualitas optimal dari APP2 harus upgrade hardware besar-besaran nih…

    @ Asep
    Thx balik buat tambahannya Kang. Sony Vegas… Berarti untuk editing audionya idealnya pake Sony SoundForge juga yah?

    @ Roy Sibarani
    Makasih juga sharingnya Bang. Wah, kalo harus beli banyak-banyak… kembali ke laptop budget… hahaha… Tapi bener juga tuh, tidak semua yang mahal itu paling bagus yah ternyata… Musti cari info lebih dalem dulu…

    @ Damay
    Wah, kalau untuk tutorialnya sih saya juga ndak bisa nyediakan, di sini ya sekedar sharing pengalaman teman-teman secara umum saja. Saya sarankan sih join aja di forum-forum seperti chip dll, di situ banyak teman-teman yang lebih memahami detailnya dengan lebih baik. Semoga bisa lebih terbantu.

  26. Pranoto Suwiknyo Says:

    wah kalau sofware buat edit video sich saya yang masih murahan mas tapi karena saya sudah jatuh cinta yang mau diapalagi untuk edit video saya pake pinnacle 10.6 sofware tambah adope affter effect,ulead cool, particel dan banyak lagi mas tergantung mood saya akan saya pelajari sampe nunging he he he bagi saya hasilnya lumayan kok mas…terima kasih salam kenal..dan sukses selalu

  27. ngakan Says:

    hai rekan2.
    saya baru belajar mentransfer dari handycam ke computer dan mengedit hasil transfer. saya menggunakan handycam sony analog (handycam yg fasilitas transfernya menggunakan composite video/audio out mono).
    Untuk mentransfer ke computer saya menggunakan TV Tuner Pixel View.
    RAM Computer 256, Processor Intel Celeron 4 2,4 GHz, HD 40 GB.
    Setelah saya lihat hasil transfernya, gambarnya kurang jelas dan berbayang jika ada objek yg bergerak agak cepat (seperti gerakan tangan melambai).
    Disamping itu, untuk mentransfer 15 menit video, Harddisk yg diperlukan sekitar 14 GB.
    Pertanyaan saya :
    1. Kira2 apa penyebab hasil transfer yg tidak jelas dan berbayang ?
    2. Apakah untuk mentransfer video jika menggunakan handycam analog (handycam yg fasilitas transfernya menggunakan composite video/audio out mono)memerlukan space harddisk yg besar ?

    Sekian pertanyaan dari saya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban yang rekan2 berikan.

    Salam,
    Ngakan

  28. Amd Says:

    @ Pranoto Suwiknyo
    Salam kenal dan makasih sharingnya Mas Pranoto :)

    @ Ngakan
    Kalo dilihat dari spek hardware komputer anda -yang nggak terlalu jauh dengan spek komputer saya- kelihatannya kurangnya di kapasitas memori RAM maupun kapasitas harddisk deh… Sehingga komputer tidak bisa menangkap gerakan yang terlalu cepat..
    Untuk pertanyaan kedua, yah, capture dari video analog, untuk hasil yang optimal memang butuh space harddisk ekstra besar Mas, itu juga masalah saya sekarang yang tidak punya harddisk yang cukup untuk editing video :( .

  29. giezkaluvorsky Says:

    we..
    dah telatt akunya liat nih forumm
    tp aku tambah2in deh biar tambah pusing.. hehehe

    saya bukan orang yang expert d video editing cman kebetulan aja tau dikit soal editing.
    dari sekian banyak soft editing yg aku coba (ulead, adobe, moviemaker) sekarang saya ngedit pake adobe premiere 1,5 pro (bajakan). walaupun softnya rada2 ribet karena tdk smua effectnya instan tp hasil akhir video lebih memuaskan dibanding soft lainnya. mungkin itu sebabnya adobe keluarin after effect sebagai tools tuk bikin effect video.

    soal spec kompi, memang untuk editing butuh spec yg tinggi untuk dapetin hasil yang bagus. kompi yg saya pake, proc amd athlon x2. mobo pake gigabite yg mendukung proc amd x2. memori ddr2 2gb, vga pake gforce 256 mb. itu aja menurutku blum cukup (itu klo mo sampe tingkat profesional). dengan spec diatas kemarin aku ngerender video yg durasinya 45 mnt lama ngerendernya ampe 7 jam soalnya layer nya d premier ampe 8 layer. hasilnya lumayan mantab(pake standard aku) soalnya videonya full effect. animasinya aku pake after effect, particle illusion ma phoshop sbagai pemanis gambar.

    dari sini bisa dilihat kelebihan premier dlm mengolah video. soalnya premier keluaran adobe sehingga kompetible dengan semua soft keluaran adobe (photoshop, after effect dll).

    oiya, klo mo yang lebih mantab cari plugin2 buat premier.
    aku ada beberapa plugin transisi gambar. yg sering aku pake namanya burger transtition. effectnya lumayan cantik.
    klo mau donlod di sini :
    http://indoupload.net/files/2968/software%20n%20font/VIDEOtoolsPlugin/burger%20transtition.rar

    buat ngakan,
    soal video yg berbayang, mungkin tv tunernya blum d setting dengan baik. coba perhatikan lg tv tunernya. diliat dari harddisk, kayanya 40gb nda cukup mumpuni untuk transfer video. apalagi klo HD 40gb itu skalian ma system dan kecepatannya nda sampai 7200RPM. pasti gambarnya ngaco.
    soal ukuran gambar emang segitu klo transfer video, biasanya emang 13-13 gb (mini DV). saran saya, ganti harddisk nya minimal 80gb yg kecepatannya 7200 RPM ke atas (sekarang dah ada yg 10.000 RPM).

    dah kepanjangan.
    entar dilanjutin deh.
    salam…

  30. Amd Says:

    @ Giezkaluvorsky

    Waa makasih infonya Mas. Yah, spek sepertinya jadi “harga mati” untuk mendapatkan optimal performance ya? Tapi kreativitas tentunya juga pegang peranan yang ndak kalah penting.

    Ditunggu loh sharing-sharing berikutnya. Halaman ini selalu saya buka komennya tidak akan saya hapus

    Aduh, saya jadi terharu melihat banyaknya komentar yang masuk di sini. Sharing pengalamannya amat menarik dan memberi masukan yang berlimpah buat saya.

    *Ngambil tisyu… Ngelap mata yang berlinang*

  31. lili Says:

    saya baru belajar adobe premiere pro tapi tak punya buku panduan ,saya mohon dibantu.

  32. giezkaluvorsky Says:

    Lili
    maap, bertanya dulu, sbelumnya dah tau soft editing apa aja?

    klo sbelumnya dah tau make soft editing (ulead ato pinnacle) dah gampang kok tuk blajar premiere. soalnya logikanya nga jauh beda, hampir sama.
    yang beda paling bentuk (gambar) toolsnya.

    sekedar info, ulead dah ngeluarin media studio 8 (dah lama kali, hehehehe…). aku sempat make dan ternyata soft tersebut kayanya pengen ngikutin bentuk adobe premiere. jika d ulead media studio 7 tuk naruh transisi ada layer khusunya (FX) d ulead MS 8 layer tersebut dah di ilangin. dan masih banyak lagi (coba aja sendiri).

    nah.. klo mo nyari buku panduan banyak kok d gramed. tiap minggu aku ksana buat ngecek buku. dan memang aku blajar ngedit dipandu ma buku (soalnya buku nga ada yg marah2 klo salah pas lagi blajar, beda ma ibu/bapak guru :) )
    klo mau buku premiere yg bagus, nyari bukunya “the magic of adobe premiere” karangan Hendi Hendratman,ST. penerbitnya INFORMATIKA. tuh buku mantab buat yg mo blajar premier dari dasar (newbie) sampai tingkat mahir (expert).

    atau coba googling, cari tutorial premiere. banyak kok.
    rencananya jg aku mo nulis artikel tentang pengenalan video editing. tp nga skrg (lg males nulis.. :) )

    nanti kita lanjut lg.
    -giezkaluvorsky-

  33. Amed Says:

    Ditunggu ya Mas :)

  34. giezkaluvorsky Says:

    aku dah nulis artikel/tutornya. ada di blogku.
    skalian klo mau ada tutor yang bagus dari mas Heryzal Heryandi. versi .pdf
    klo mau kasih aja alamat e-mailnya.

    salam..

  35. Amed Says:

    @ Giezkaluvorsky
    Mas Giezkaluvorsky (eyalah susahnya nulis namanya… peranakan Uzbek ya?) URLnya kok nggak keluar di nick-nya ya? Coba dicek di bagian tab Pengguna >>> Profil Anda >>> Di Boks Info Kontak, situs anda-nya udah diisi dengan url blog anda belum?

  36. nima Says:

    yang utama y…
    kReATiFitAS…
    heee..heeee
    calm_puf@yahoo.co.id

  37. vinda Says:

    mbak, tolong dong kasih penjelasan editing video menggunakan adobe premiere-nya dijelasin..kita-kita agak bingung.
    thanks before and after


  38. bagh..
    vinda nanyanya kemana yak?

    apanya yg nda jelas mba`?

  39. deva Says:

    ko aku malah jadi tambah bingung ya?tolong jelasin yang rinci dong? makasih.

  40. mugie Says:

    ulead 10 ma 11 ribet kagak


  41. @mugie
    ulead 10 aku juga biasa pake, cuman buat ngedit cepat.
    effectnya instant, mudah di pakai.

  42. aji Says:

    ehm q px mslh di adobe premier 6.5 stlh di render ko’
    gmbrx g’ klhtn tp suarax ada

  43. roffi Says:

    saya paling nyaman sama ulead

  44. super kecil Says:

    iya… ulead lbh familier buat mahasiswa…

    apalagi anak2 gaptek seperti kami

    hehehehehe

  45. leong Says:

    hai…semuanya penyuka dunia editing video and design,salam kenal ya! saya belum ada koment neh.tapi saya punya pengalaman belajar editing video dan foto.ya maklum saya baru belajar,kebanyakan seh otodidak,ya dari buku2,tanya sana sinilah.

    saya mau sharing ne,komputer saya kan AMD duron, ya jaman dodol gtu!matherboar masih AMD,RAM 512,hdd 40,VGA ati…,prosesor lupa,kira2 kalau mau upgrade yang perlu diganti apa ja?tolong kasi tau spesifikasinya yaw…!

    atau kasi tau juga spesifikasi komputer yang bagus untuk editing video!makasi….

  46. leong Says:

    hehehe….komentar dikit neh! selama ini saya editing video pake vegas 5.0 dari sonic foundry.ringan banget tuh,cuma animasi na kurang, ga kaya adobe primier.maklum lah denger2 katanya si adobe primier ga suport tuh ma AMD Duron ku.hihihi…….


  47. @ leong
    klo mo upgrade kompinya..
    coba ganti harddisk ke 80 gb minimal 7200 rpm soalnya 40 gb kurang om.. klo ada duit cari yang 10000 rpm sekalian. motherboard amd? apa merekna om? vga nya berapa mb nih? klo ram dah lumayan tapi kolo mo pake premier saranin pake 1 gb ram nya.

    soal duron aku nga bisa comment karena aku nga peke duron.
    buat ngedit aku pake, proc amd athlon x2. mobo pake gigabite yg mendukung proc amd x2. memori ddr2 2gb, vga pake gforce 256 mb. harddisk seagate 250 gb sata 2 biji. itu aja menurutku blum cukup (itu klo mo sampe tingkat profesional).

    soal vegas, tuh program dah mantab, klo mo d review menurutku sony vegas (versi 7) lebih mantab d banding premier. vegas hampir setara sama avid. walau sekarang aku lagi pake premier soalnya belakangan aku sering pake adobe after effect + photoshop yang yambung ma premier.

  48. dewabagus Says:

    Saya tertarik dengan editing video, spec computer yang aku punya Intel Pentium 4 2,4 HD 120 Gb ram 1 gb VGA on board Sound onboard Monitor GTC 15″, V-Card yang Rp. 250.000 S/w Apa yang cocok dengan spec ini ? (Ulead, Pinacle, Adobe)
    THX


  49. @dewabagus.
    aku mo bagi pengalaman.
    waktu pertama kali ngedit aku pernah pake pentium LGA 2,66. hd pake 80 gb 7200rpm. mobo pake assrock 755v800 memori 256mb. vga onboard.
    aku pake tuh kompi kurang lebih setaun buat ngedit. dan ternyata bisa dipake walau lumayan lambat trus hasil video mpegnya kurang memuaskan. dari kompi itu aku dah live 2 kali, berkarya 3 film indie, ngedit kawinan 2 kali, ngedit dokumentasi lainnya ampe kira2 5 kali. plus 20 berita (tugas kuliah) masing2 durasi 2 menitan. ditambah beberapa animasi, opening tune 2dimensi.

    klo liat spec kompi milik om dewabagus itu lebih tinggi dari punyaku yg dah aku jelasin tadi (cman kalah d processor).
    simpulan bahwa tuh kompi pasti bisa di pake ngedit (ulead, pinnacle, adobe 1,5 kebawah). dan hasilnya pasti lebih bagus dari yang di hasilkan kompiku terdahulu (dengan syarat setingan software dan hardware om dewa tepat).

  50. deni Says:

    hehehehehe, saya dulu waktu mulai buka bisnis video editing masih pake p3 700, ram 256, vga 32, hasilnya bagus tuh soalnya pake vegas sih, soal kemampuan kayanya kalo dibandingin vegas sama premiere sih gak fair ya, cocoknya sama AVID/FCP, kaloupun mau dibandingin kemampuannya, kayanya premiere mesti digabungin sama after efknya biar seimbang sama vegas, tapi spek komputer kaya gimana ya yang bisa nahan beban premire sama after efek, kalo dibuka barengan, trus soal renderan vcdnya saya rasa jauh banget bedanya premire sama vegas, satu2nya keunggulan premiere cuma di nama dan beratnya ngejalaninnya doang, hehehehehehe

  51. ombink Says:

    eh..akang-akang,tante-tante..sekalian mo nanya neh…
    saya punya handycam panasonic type HDC-DX1-S….trus kemaren2 nyoba masukin hasil rekaman video ke pc vista…hasilnya ora iso euy
    #NB#: software ato cd bawaan dari handycamnya ngaruh ga??
    anehnya pas beli handycam,ga dikasih softwarenya….gimana ya???
    plizzz….bantuin gw donk
    thx ya sebelumnya.

  52. Amed Says:

    @ Deni
    Premiere… dan komputer saya menangis menjalankannya Mas…
    Vegas.. Makin banyak yang rekomendasiin.. saya kok jadi ngiler ya?

    @ Ombink
    Mmm… softwarenya Vista ready ndak? Kali aja di situ masalahnya.. Maklum, Vista banyak masalah, hwehehe…
    Dicek aja dulu Mas, kali aja OS yang support cuma XP ke bawah, jadinya ndak ngedukung.
    Spek komputernya gimana? [kayaknya kalau OS-nya aja udah Vista berarti powerful aja ngkali ya?]
    Trus kali aja codec-nya ada yang kurang?
    Banyak faktor sih, bisa jadi salah satunya itu. Moga cepat ketemu deh ya masalahnya di mana.

  53. gusti Says:

    mas saya minta software multimedia yang setara atau lebih baik dengan moviemaker dong boleh ya mas dikirim ke alamat saya biar entar saya download

  54. Paeron Says:

    Mas mas N mbak mbak..ikut nimbrung nih… saya juga baru belajar edit video.. denger2 pake Vegas Ok, sekarang saya udah pake Vegas7 tapi hasil VCDnya kok masih burem2 gitu napa ya…??? ato salah tehnik rendernya.

  55. ombink Says:

    hahaha….masalahnya ternyata hanya dalam setingan BAHASA duank…

    trus mo nanya lagi neh.
    pas mo ngedit,koq file videonya ga bisa dibuka????

    mohon bimbingannya ya,maklum amatiran neh hehehe…


  56. Aduh Mungkin saya udah telat kali ya

    Gini mas saya kan penjaga warnet and sekaligus editing

    Saya mua nanya Kl caranya Nge save video dari Ulied supaya ga pecah gimana ya karena selama ini saya suka di komplain mulu soal ini. Saya pernah nyoba ngakalin tapi ga mau mulu. saya kebetulan pake ulied 10 dan soal speak komputer kayanya cukup mendukung.
    Mohon pencerahanya

    Thank For All.


  57. Ini Speak Komputer saya :
    Intel core 2 duo 4500 2Ghz Harddisk 240GB DDR 1GB Combo DVD-CDRW
    Nah Gimana soal Speak Komputernya cukup memadaikan
    Tapi setiap saya nge save video dari ulied pasti pecah gambarnya.

    Tank For All

  58. Amed Says:

    @ Gusti
    Aduh, kalau musti ngirim saya gak kuat, fakir benwit. Tapi bisa dicari di softarchive dot net deh, kali aja nemu…

    @ Paeron
    Rendernya coba dicek aja mas, kali aja kena resolusi yang kecil, jadi file sizenya kekecilan. Biasanya sih gitu, kayaknya cepat, tapi pas diputar pecah pecah.

    @ Ombink
    Codecnya? Saya ndak tau apa vista support apa nggak, tapi kalo saya sih make K-Lite Mega Codec Pack, download gratis aja di internet.

    @ Joni Si pejalan Kaki
    Mungkin pas proses render itu tadi (sama kayak Mas/Mbak Paeron) setting output videonya kekecilan? Coba dicek lagi deh Mas.
    Kalo diliat speknya sih kayaknya ngedukung banget, tapi gimana dengan VGA Card dan Capture Card-nya?

  59. riza Says:

    lagi mau belajar juga nih…o
    om n tantes yang expert di video edit..?
    utk mulainnya gimana cara transfer dari handycam (sony) ke pc? make sw apa ya ?

    trim’s from medan

  60. gite'e Says:

    Salam Kenal…

    Saya Baru bekerja di Video Shooting Studio, padahal saya buta sekali ttng Video Editing trus liat teman saya…dipratekin…beli buku…coba..coba…. akhirnya bisa….(Adobe Primire versi 6 )
    walapun rada bingung…

    trus coba Vegas ternyata mudah.. …

    Sekarang di suruh Bos saya agar coba bikin efek-efek/ Animasi kaya MTV….rada bingung pake soft apa ya…

    saya pernah coba pake Swish Max,Flash., dan macam2 tool Flash di Convert ke Avi….Hasilnya kurang memuaskan Pecah- pecah…., padahal di coba macam2 jenis encodingnya..!!!

    gimana caranya supaya tidak pecah …….

  61. Amed Says:

    @ Riza
    Pertama-tama, tentunya musti punya hardware Capture Card-nya dulu.
    Kalau software udah banyak yang ngebahas di atas, cek aja yaa.

    @ Gite’e
    Hoo.. Kalau masalah efek vektor saya nyerah, ilmu saya belum secanggih itu.. Maaph… Semoga rekan-rekan yang lain bisa menjelaskan lebih baik dari saya…

  62. s4hmi Says:

    kalo pemula pake ulead atau pake power director aja. kalo udah agak advance pake adobe premier atau after effect.


  63. wew
    lama juga nda masuk d forum ini.
    gmn kabar mas amed?

    @ Gite’e
    nanya dulu,
    klo pake swish pas ngerendernya, langsung ke .avi atu ke .swf?
    trus, klo render .avinya d compress atau tidak?

    biasanya saya ngerendernya ke file .swf dulu, biar filena bebas dari pecahan. trus file swfnya yg jadi bahan editan. saya masukkan d ulead media trus pake color key/croma key tuk ngilangin latar dari animasinya. trus render ke avi. hasilna, bebas pecah bahkan bintik sekalipun.
    trus klo mo digabung animasinya ma video pake premier dengn tetap pake color/croma keynya premiere.

    sedikit bagi2;
    swishmax/flash meupakan program animasi berbasis vector, jadi klo bikin animasi d swishmax pasti gambarnya halus (tdk pecah).
    beda sama aftereffectnya adobe yang berbasis bitmap.
    klo ditanya bagusan mana, pastinya yang berbasis vector karena d zoom berapa kalipun tidak bakalan pecah jika d render ke file .swf (basis vector).
    masalahna, file .avi merupakan file yang berbasis bitmap. makanya, bikin animasi d aftereffect trus render ke .avi pasti bagus (jika settingan soft ma hardware memadai).

  64. caknoer Says:

    ini tentang adobe premiere http://gora.edublogs.org/my-e-books/

  65. Amed Says:

    @ S4hmi
    Thx advisnya…

    @ Giezkaluvorsky
    Baik, baik… wah.. ini dia yang saya tungguin… Hehehe…

    =>> @ Gite’e
    Nah, akhirnya terjawab kan pertanyaannya… Maaf saya sangat kurang ngerti permasalahannya…

    Oh iya Mas, kalo bikin video dari kumpulan foto (jpg) itu, supaya hasilnya ndak pecah itu gimana ya? Saya bikin susah bener, hasilnya buram…

    @ Caknoer
    Makasih link-nya Cak!
    *Meluncur*

  66. nunu Says:

    bos ada yang punya crack Flashants SWF2Video Plug-in for Adobe Premiere?
    kalo ada bagi dong..
    thx sebelumnya..


  67. salam.
    mas amed.
    kalo mo bikin slide foto usahakan ukuran fotonya dah disesuaikan dengan resolusi file .avi. resolusinya avi, 720×576 pixel.
    tapi sangat susah menemukan foto yang resolusi aslinya sama dengan resolusi file avi. karena kalo dipaksakan foto bakalan terlihat gepeng.
    solusinya, edit dulu fotonya d editor foto yang mas amed punya. bagusnya pake photoshop. kalo fotonya portrait, usahakan tinggi fotonya 576 pixel. trus klo fotonya landscape usahakan lebar fotonya 720 pixel.
    trus masukin fotonya d video editor. animasi, transisi dan proses editingnya terserah om lah…
    kalo mau yang instan, ada software namanya ‘proshow gold’. bisa bikin slide foto trus di jadiin dvd/vcd.

    oiya, blogku ‘giezkaluvorsky.wordpress.com has been archived or suspended. bisa ngasih bantuan nda?

    salam..

  68. novan febriyanto Says:

    aku masih pelajar loh di smk 1 glagah banyuwangi…
    so aku pingin tau lebih jauh tentang editing video pake ulead video 7.0…kebetulan juga jurusan ku teknik komputer tapi aku masih pingin tahu lebih lanjut masalah editing pake software ini….
    btw ada gak seh yang bisa bantuin aku???
    coz aku juga lagi ngerjain tugas akhirku nih….

  69. Amed Says:

    @ Nunu
    Seperti biasa, kalau masalah crack silakan hubungi google atau altavista…

    @ Giezkaluvorsky
    Aduh, maaf baru dibalas nih..
    Makasih sarannya Mas, saya baru ingat pernah bikin di movie maker hasilnya bagus, sementara di Ulead pecah. Ternyata karena saya dulu itu nge-resize ukuran pixelnya…

    Soal blognya yang disuspend, bisa dicek aja di posting saya yang soal saya disuspend 3 hari itu. Di situ ada contoh surat untuk Bang Mark. Kirim e-mail aja, biar nanti dia cek apa benar blog kita melanggar ataukah cuma kesalahan robot. Kalau kita yang melanggar, janjikan aja memperbaiki apa yang kita langgar. Selama kita kooperatif, biasanya wordpress juga baik kok.

    @ Novan Febriyanto
    Ulead 7.0? Saya juga pake versi yang ini lho. Kalo boleh tau, mau memperdalam soal apanya? Siapa tau kita bisa sharing juga mengenai masalah video editing. Lebih spesifik aja mau ngomongin apa. Kalo masalah tutorial secara umum, bisa aja googling atau bisa coba sign in ke forum-forum khusus membahas video editing.

    BTW, di website chip saya nemu artikel bagus nih, semoga bermanfaat:
    http://www.chip.co.id/tips-and-technologies/video-editing-video-editing-untuk-pemula-17.html


  70. mas kasih tahu saya koleksi foto digital saya sayang jika dianggurin aja maksud saya ingin diubah menjadi file ke vcd biar ada musiknya biar basuk ada ga

  71. arya Says:

    penasaran:
    pertanyaan ini masih berlaku tidak? :-P The post was created on end of January 2007 so it’s onea year old post. Jangan-jangan komputer-nya sudah ada. :-)

    In my opinion:
    spesifikasi komputer (hardware) sangat tergantung dari penggunaannya (meskipun itu untuk video editing). Berbeda user berbeda minimum requirement-nya karena berbeda beban kerjanya. Namun untuk video editing rule of thumb-nya adalah jangan banyak membuang resource di RAM. RAM hanya digunakan untuk aplikasi sementara proses data untuk video editing akan banyak diperankan oleh processor sementara untuk rendering tentu saja membutuhkan GPU yang baik. Hal ini baru saya sadari saat membuka terus aplikasi Activity Monitor di Mac ketika melakukan video editing dan konversi output video tersebut.

    Software;
    Ini sangat tergantung dari rencana penggunaan dan kecocokan hati user. :-D Relatif banget.

    Saran:
    Gunakan saja Mac, semuanya sudah ada di sana dan jangan khawatir dengan kemampuan video editingnya. :-D
    Hasilnya bisa dilihat di blog saya (check halaman koleksi video saya di blog tersebut).

  72. budiono Says:

    pak mau tanya saya sekarang sdang coba bergelut di vidio shooting gimana cara membuat vcd agar tdk pecah pecah?tolong jawab commentnya
    soale kalaw pake dvd masih jarang yang punya di kalangan bawah .thanks

  73. Amed Says:

    @ Slamet Prihartanto
    Untuk koleksi foto, bisa dengan windows movie maker atau ulead, biasanya tinggal seret-seret koleksi foto tsb. Untuk membuatnya tidak pecah bisa ikuti saran mas Giezkaluvorsky di atas, resolusinya dikecilkan dulu supaya pixelnya tidak terlalu berat,

    @ Arya
    Komputernya sih masih belum, justru kerjaannya yang ndak ada lagi Mas, hehe…
    Jadi kesimpulannya Mac lebih mak nyuss buat editing video ya Om? Hwhehe, tapi kayaknya harganya juga lebih maknyuss tuh…

    *Meluncur ke halaman video*

    @ Budiono
    Supaya tidak pecah, tentu pas mengekspor ke file atau VCD, pilih setting resolusi layar yang pas. Juga, kalo bisa codecnya dilengkapi biar ndak ada masalah pas rendering.

  74. mac-more Says:

    Allow semua,mau nanya?beberapa hari ini saya mencoba utk connect ke laptop (dr handycam menggunakan kabel firewire) tapi kok yang terbaca cuma SD card saja, ketika setting ke video tidak terbaca.kenapa yach.saya menggunakan movie maker, apa perlu card capture video di laptop.(handycamp JVC (miniDV). trims

  75. asoen Says:

    selamat sore,
    saya mau tanya
    1. setelah memiliki komputer pentium 4, hardware (peranti) apa yang harus saya beli untuk menambahkan pada CPU agar dapat melakukan capture? software yang akan saya gunakan adalah Adobe Premiere pro.
    2. bisakah meng-capture dengan kabel firewire? disebelah mana saya harus menghubungkan kabel firewire pada CPU? apakah harus memakai peranti terlebih dahulu? apa namanya?
    terimakasih atas jawabannya.

  76. SiOpan Says:

    [Quote]
    Allow semua,mau nanya?beberapa hari ini saya mencoba utk connect ke laptop (dr handycam menggunakan kabel firewire) tapi kok yang terbaca cuma SD card saja, ketika setting ke video tidak terbaca.kenapa yach.saya menggunakan movie maker, apa perlu card capture video di laptop.(handycamp JVC (miniDV). trims
    _________________
    Sekedar sharing. Saya pertamany ngalamin hal yang sama juga tapi dengan HandyCam Panasonic. Kalau Record pake CD SDRam transfer ke kompi berjalan mulus. Tapi kalo pake CD yg lain pas ditransfer gak mau ke baca. Rupanya waktu mau ditransfer harus masuk ke menu “Finalize” dulu setelah itu jadi terbaca deh sama kompi kita.
    Coba lihat lagi keterangan di buku maual JVCnya. biasanya dijelaskan disitu. Ato coba pake Total Converter. Selama ini soft ini yg paling ampuh utk conversi file video.
    Thanks


  77. salam om amed..
    hiks.. blog kumasih tersuspend..

    @asoen
    sebelumnya mo nanya om..
    mobo bawaan kompinya dah dilengkapi fireware blom?

    klo belum, om kudu cari piranti fireware card dulu.
    di pasaran banyak fireware card, terakhir saya beli taun lalu harganya 90 rb (di makassar).
    ada juga yang namanya pinnacle card. harganya sekitar 250 rb. cman soft editingnya bagusnya musti pake pinnacle.

    klo mo lebih kerenan lagi, cari piranti namanya avid liquid card. tuh include ma soft avid liquid juga. bisa dipake di semua soft editing. harganya juga keren, sekitar 10 jutaan.

    sekarang pilih mn?

  78. brams Says:

    salam kenal buat semuanya saja. aku baru terjun kedunia editing banyak yang belum aku tahu. terutama dengan render dari avi ke vcd kok musti jelek yaa…. hasilnya pecah dan kabur. aku sudah mencoba dengan berbagai software (app2, vegas7,ulead media std 8) tapi hasilnya ke vcd dengan format mpeg1 masih belum memuaskan. agar paling bagus untuk render sottware apa? aku pernah nyoba buka avid, menunya buanyaak sekali bikin kepala pusing…bisa bisa gak terima orderan shooting, waktunya habis buat belajar avi (belajar otodidak sih….) kasih penjelasan dong tentang avid…..aku pake avid expres pro HD.

    thanks bro


  79. @ brams
    salam knal juga mas brams..
    ada berbagai cara untuk membuat video mpeg vcd.
    misal dengan ngerender project editingnya langsung ke file mpeg vcd. lainnya, dengan mngerender project editingnya ke file avi lalu di convert ke file mpeg vcd.
    yang sering saya lakukan adalah pilihan yang kedua. ngerender project dulu ke .avi lalu di convert.
    hal tersebut saya lakukan untuk meminimalisir beban komputer pada saat render.
    teknisnya seperti ini, file project editing merupakan file capture bertipe .avi. jika langsung melakukan proses render ke mpg maka beban kerja komputer meningkat tajam karena terjadi 2-3 proses secara bersamaan.
    pertama, proses pengabungan gambar project avi tadi menjadi satu film utuh dan
    kedua, secara bersamaan melakukan convert dari avi ke mpg.
    jelas beban komputer menjadi berat sehingga proses encoder pun kurang maksimal. apalagi dengan menggunakan kompi yang paspasan. hasilnya, gambar poecah/buram.

    software yang saya pakai buat convert namanya TMPGEnc.
    hasilnya lumayan. setidaknya jauh lebih halus dibanding ngerender project editingnya langsung ke .mpg.
    ada banyak jenis soft converter selain yg saya sebutin diatas.
    kabarnya ada software bernama canopus pro coder yang hasilnya lebih bagus dibanding TMPGEnc. sayangnya soft ini butuh hardware tersendiri.

    klo soal avid, aku pake avid liquid.
    nda pernah make avid express.
    lagian walau saya pake avid, tetep ngerender projectnya ke avi dulu lalu d convert.

    nb:
    proses convert dari file avi ke mpg memang membuat file gambar menjadi pecah/kabur. hal ini karena proses penipisan/pengikisan gambar yang terjadi pada waktu convert. bandingkan saja ukuran filenya. file avi yang berukuran sekitar 12 GB jika d convert ke mpg ukurannya menurun menjadi sekitar 600 mb. hal yang dapat dilakukan ialah hanya mencari encoder terbaik dari tiap soft converter. hal ini dapat mengurangi pecahan/buram gambar karena proses pengikisan tersebut.

  80. eka Says:

    Mas saya dibantu informasi untuk burning di Nero buat VCD supaya tidak patah-patah ….

  81. ieone Says:

    salam kenal semuanya…

    sekedar menambahkan pencerahan dari mas giezkaluvorsky
    buat mas bram…kalo mau sedikit lebih halus ngeditnya pake DV PAL 720 x 576 (sebelum di convert ke vcd). setelah itu di convert pake soft 3rd party seperti canopus procoder 2 atau TMPGenc, yang mana masing 2 punya kelebihan sendiri2. kalo procoder 2 lebih bagus di warna, kalo TMPGnc gambarnya lebih halus, apalagi kalo kta bisa ngeset setingan yang paling pas untuk vcd,

    @giezkaluvorsky
    procoder 2 versi bajakn ngk perlu Doongle jadi bisa di pake langsung hehehehe… . beda dengan yang versi 3 sedikit lebih rumit.

    mengenai software apa yang bagus buat ngedit..???
    semua software editing bagus…trus mana yang paling bagus..?
    yang paling bagus adalah software yang paling bisa dan gampang kita fahami…
    soft cuma sarana…yang paling canggih adalah konsep yang ada di kepala…hehehehehe (ngomong..opo..ki..)

    maaf ya…sedikit sok tau….hehehehe

  82. ferry Says:

    hmmmmm
    senang bisa baca ini. nah sekarang aku juga dalam masalh yang sama dengan km. tapi aku sebelumnya tau dengan adobe auditon,sonar yaaa tenang suara deh …nah yang aku binggung gmn cara adit gambar a/ video.

    kok aku tanya ke km ya

  83. wiryo Says:

    aku butuh konsep buat bikin profil sekolan smk, yang aku butuhkan urutan konsep/alur cerita dan apa yang harus saya syut dan kira2 brapa menit, trus cara ngesyutnya kaya orang atau gambar gedung itu pake low, high, medium angle, closeup, dll

  84. komar Says:

    ada yang bisa ngasih contoh opening g nih ?
    klo ada kirim ke email saya musap@plasa.com klo g ke rats.1924@gmail.com


  85. salam..
    gmn kabar mas amed..
    oiya, tolongin dong.. giezkaluvorsky.wordpress.com masih suspend. banyak tutor vid.editing d sana. mn tdk ada backupnya pula.

    @eka
    mas, emang pake nero versi berapa?
    coba pake versi 7 keatas.

    @ ieone
    makasih mas..

    @wiryo
    mas, minggu lalu aku rampungkan video profile SMPN 12 makassar.
    klo soal konsep saya ikuti permintaan klien yang pengen membangun citra sekolah yang serba wahhh.
    jadinya aku buat skenareo yang menekankan pada metode pendidikan (kurikulum) kelengkapan fasilitas serta prestasi yang diraih sekolah tsb
    sederhananya kaya gini,
    sekenareo aku bagi 4.
    1)dimulai dengan pengenalan sekoalh secara umum, mulai dr letak geografis, kondisi sosial ekonomi siswa yg terdaftar, jumlah siswa dan guru, struktur organisasi termasuk flashback perkembangan awal sekolah
    2)sistem pendidikan yang diterapkan(kurikulum), budaya pendidikan yang dibangun, kegiatan belajar mengajar (akademik) serta perbandingan dengan sekolah lainnya
    3)fasilitas pendukung sekolah, ruang kelas, lab, serta kegiatan ekskul (non akademik) termasuk pengembangan keagamaan.
    4) bagaimana prestasi yang diraih setelah melihat sistem pendidikan yang diterapkan serta kelengkapan fasilitas)

    masukin juga wawancara di tiap bagian cerita.
    1)kepala sekolah 2) guru berprestasi, 3)siswa berprestasi 4)terakhir tanggapan pihak luar pemerintah(dept.pendidikan dan pihak komite sekolah.

    aku juga masukin motion animasi di setiap bagiannya sebagai pemanis gambar. animasi yang membuat film jauh lebih menarik misalnya grapik perkembangan perstasi dari tahun ketahun.
    durasi film 15-17 mnt.
    taknik pengambilan gambar aku pake teknik jurnalistik (LS/MS/CU) dan hampir kesemuanya gambar statis dengan eye level. hal itu memperkuat gambar dibanding gambar bergerak (pan/zoom).

    @komar
    bisa liat di folder youtube punyaku “giexxx”.
    yang pastinya ide orisinil jauh lebih baik om..

    regards

  86. Amed Says:

    @ GIezkaluvorsky
    Salam juga..
    Saya sih baik aja, tapi lumayan jarang onlen dan makin pusing dengan pertanyaan-pertanyaan di post ini yang makin “berat” aja…

    Lah, udah coba kirim e-mail ke support wordpress belum? Usahakan sih, ngirimnya pake e-mail yang digunakan buat daftar account wordpressnya… Kalo sudah dan ndak ada respon, well, kayaknya harus dikirimi surat beramai-ramai.. Nanti deh saya coba kirimi satu ke situ…


  87. aku dah ngirim email ke si mark itu
    tapi sampai skrg blum ada respon
    aku dah binun mo ngapain lg..


  88. aku dah kirim email ke si mark itu
    tapi sampai skrg nda ada respon
    aku binun mo ngapain lagi om…

  89. Bam'Z Says:

    Salam kenal semuanya

    wah sepertinya aku tidak ingin pindah halaman nich…
    karena aku juga selalu cari2 transition untuk vegas 7

    Saya terima kasih sekali kalau ada yang mau bantu
    cariin transition untuk vegas 7 dan sekalian kasih pencerahan
    tentang cara pembuatan VCD dan DVD yang sangat halus

    Karena saya pernah setel VCD hasil editan temen tapi kualitasnya
    seperti hasil DVD buatanku sendiri

    Sebelumnya terima kasih atas pencerahannya

    Bam’Z

  90. Aswan Says:

    salam kenal semua.

    makisih user uda buka blok diskusi buat para pecinta video editing.

    teman – teman gue mo tanya nih…?
    gimana seting export di Adobe Premier Pro ke format DVD, karena hasil rendring aku videonya pecah gak maksimal.

  91. hanafi Says:

    Banjarmasin, 17 juni 2008
    saya hanafi 17 agustus 1983 lahir di banjarmasin

    Salam kenal semuanaya…..
    saya pengen sekali belajar cara editing video, karna saya pengen sekali bisa.
    saya pengen tanya sama Bapak/Ibu dan Temen-teman yang jago tentang editing vedio,karna saya pengen buka studio penerimaan kaya acara persepsi kawinan gitu,dan nambah penghasilan buat keluarga.
    yang saya pengen tanyakan :
    *Saya pingin tahu spesifikasi komputer yang memadai supaya kuat buat editing seperti prosesornya, RAM-nya, Harddisk, VGA Card
    *Softwarenya apa ya buat ngedit video yang bagus dan mudah dipelajari.dan bagaimana saya bisa mendapatkan Softwarenya.
    *dan buku-buku apa saja yang saya baca buat itu semua dan mudah dipahami.

    Saya mohon sekali pertanyaan saya yang sederhana ini Bapak/Ibu dan Temen-temen berkenan menjawab dan menaggapinya,
    Saya mohon maaf kalau ada kata-kata dan pertanyaan saya yang tidak enak.

    Atas bantuannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih
    Hanafi, Banjarmasin


  92. salam..
    @bam`z
    coba gogling bro.. ada banyak tuh kayaknya..
    soal dvd, om encodingnya pake soft apaan?
    coba pake TMPGEnc DVD Author.
    tapi biasanya sy cman peke nero.

    @aswan
    videona render ke AVI sj trus di encoding pake soft 3rd party smacam TMPGE atau canopus pro coder atau nero.
    soalna ngerender langsung ke DVD membuat beban kerja komputer meningkat tajam karena terjadi 2-3 proses secara bersamaan. pertama, proses pengabungan gambar project editing menjadi satu film utuh dan kedua, secara bersamaan melakukan convert dari avi ke mpg2.
    makanya gambar kurang maksimal.

    @hanafi
    coba baca2 postingan sy sbelumna om..
    sy pake adobe premier om dah terlanjur jatuh cinta ma tuh soft.
    tapi klo mo blajar coba pake ulead media studio. atao klo mo lebih keren coba blejar pake vegas (ampir setara ma avid)

  93. Aswan Says:

    makasih atas saran dari teman2, alham dulilah sekarang hasil rendering saya uda menemukan hasil terbaik, berkat saran dari teman2 semunya….
    video saya render ke AVI trus dicompersi ke DVD dengan conopus. ok deh hasilnya…..

  94. RYAN Says:

    Saya mau editing video dengan spesifikasi Kompie :

    Hardisk 500Gb IP. IV Dual Core 3.2 GHz, DDR2 1024M, VGA ATI Radeon 512MB, DVD-RW, Kira-kira mampu ga untuk Adobe Premiere Pro CS3? Soalnya belum coba sih mampu apa ga?? Ni lagi download programnya. Maklum pecinta barang-barang WaReZ.. Daripada beli Cd-nya..

    Mohon Sarannya..


  95. klo soal kemampuan, kmpi om dah boleh jalanin tuh CS3. sarannya sih naikin memorina ke 2 gig..
    oiya, nih dual corna apa C2D ato pentium D?
    tapi premier pro 2.0 juga dah mantab om..
    aku aja masih sering pake yg 1.5 pro. hehehe…
    klo mo liat hasilna datang di chanel youtube ku.

  96. dewabagus Says:

    Salam kenal

    Mohon bantuannya, dimana bisa download plugin adobe premier pro yang gratisan.

    Terima kasih

  97. andra Says:

    maaf saya lagi belajar editing, da di bikin pusing soal ngerender….(61%)putus…terus..pusing?????gimana sih caranya???kirim via email ya…plis..helep me…saya lagi belajar pertama kali nie…biar saya gak putus asa, kasih tahu ya???…..andraveana_08@yahoo.com …terima kasih…semua??

  98. andra Says:

    saya pakai ulied studio 11…


  99. @andra
    coba cek apa hddnya muat nda buat simpan file renderna. trus apa premierna nda trial?
    memori kompina seberapa besar?


  100. @andra
    maap maksudnya bukan premier, uleadna..

  101. dreamend Says:

    yg sekelas movie makernya xp2 itu coba aja prog. bawaanya nero : nero vision 4. coba deh pasti ketagihan…. tapi, memorinya 1giga OKEH!
    vid card yang stndart aja jg boleh…

  102. bonar giting Says:

    sobat mautanya ada yg tau ga ? plugin buat adobe primere yg bagus buat corection color thanks beratttttt! before

  103. bonar giting Says:

    mau tanya ada yg tau ga? plugin adobe primere buat color corection yg bagus? thanks beratttttt!before

  104. jundhi Says:

    mau numpang nanya ya , kalo Soft editing video yg paling ringan aja apa ya ? soale kompiku cumaP IV 2 ghz , 2 gh ram, 128 Ati, 250 gb hd. Tks sebelumnya. Sallam


  105. @bonar giting
    wah gugling aja om..
    atao coba peka adobe after effect disana dah sediain color correction yg lebih lengkap di banding premiere..

    @jundhi
    coba peke vegas

  106. Hendra DFD Says:

    salam kenal dari manado…..
    saya ingin mengembangkan u/ jadi prof di bibidang editing terutama Foto Video. saya lagi belajar n cari tahu mana software mana yang cocok buat yang pemula. sudah pernah coba pinacle, ulead, premiere dll. bagi saya tergantung untuk apa video itu akan kita gunakan karena setiap software mengedepankan kelebihannya sendiri. contoh kalo pinacle dgn avidnya dll.
    eh……….bukan sok jadi guru tapi sesuai apa yang saya pernah lakukan…..
    ok. bro…

  107. vomitropolic Says:

    ui urangnya ….
    kalo untuk jadi pro jangan nanggung nih spek2 yang mesti dipakai

    proc. amd phenom 9650
    ddr2 4GB
    HDD 1.5 terra
    card editing matrox 150oRT & DV STORM canopus
    VGA :NVIDIA QuadroFX 3500 PCI Express
    monitor LCD double
    kamera CANON XL1s 2bj, CANON XL2 1 bj
    glide cam / steady cam pro
    itu spek yang aku gunakan selama ini.
    Untuk daerah Babjarmasin ada yang berminat mau bikin video klip bisa kontak saya di faisalities@yahoo.com
    budjet nego hasil kelas broadcast

    software editing broadcast
    premiere, avid express pro, final cut
    adjusting color
    vegas pro 9
    untuk composite
    after effect

    software editing abal2 atau kelas wedding
    pinacle, ulead media pro atau stuido pro


  108. @Hendra DFD
    makasih masukannya om..

    @vomitropolic
    wew.. keren amat kompina om..
    jadi pengen punya kaya gituan..
    sayangnya sy cman punya pentium D 2,66, mobo intel onboard vga, memori 512 mb, hd 160 gig.

    emeng bener klo spek kompi mempengaruhi hasil video project.. cman, kembali lagi ke kreatif tdknya seseorang.. soft editing abal2pun bisa powerfull ko’..

    coba cek
    http://www.youtube.com/user/giexxx

  109. vomitropolic Says:

    iya emang bener software bukan jadi satu alasan untuk bagus ato ga nya yang penting brainwarenya. tapi jangan salah hardware mutlak harus terpenuhi kalo ingin hasil broadcast.
    http://www.youtube.com/vomitropolic


  110. @vomitropolic
    gitu ya om.. baru tau loh..
    bagi ilmu dong, kaya gmn video kelas broadcast(ato apalah istilahnya) itu?
    biar videonya kami yg amatiran ini bisa masuk broadcast..

  111. Dendy Says:

    mas mas sekalian…

    saya mau tanya nih..
    saya pake PC yang terdiri dari :
    CPU : Intel Core2Duo
    RAM: 2 gb
    Hard Drive : 160 gb
    MotherBoard :GigaByte 945PL-S3G
    Dll…

    trus saya pakai software corel video studio 12.0
    saya sudah capture video dati handycam saya ke pc
    setelah saya edit, saya burn jadi VCD…
    setelah selesai menjadi VCD saya coba dengan vcd player ternyata hasil videonya gak bersih alias pecah”…

    mohon bantuannya mas….
    apa komputer saya yang masih kurang d upgrade atau saya yang salah dalam proses pengerjaannya…

    thanks ya…


  112. @dendi
    hasil video na langsung d render k empg(vcd) ato ke avi.?
    coba pake soft soft 3rd party smacam TMPGE atau canopus pro coder om..
    n baca dulu postingan sebelumnya..
    anyway, baru tau sy klo ada corel video studio.

  113. izzadwje Says:

    bisa minta bantuan g ni,aku tu dapet pro cs3 tapi gak ada keygennya, dmn ya linknya downloadnya?
    terus kenapa kalo kmputer di shut down gitu,ntar klip kita yang udah di potong2 ada layar merah dan ada tulisan medio offline gitu,kalo ada yang bisa tolng kirim Email: izzadwje_tok@yahoo.com /www.izzadwje.wordpress.com


  114. @izzadwje
    googling aja om keygennya..
    soal potongan gambar? mungkin karena file projectna kehilangan link source (file mentahnya). coba d relink.. ato jangan2 filenya ke hapus. mungkin juga filenya tersimpan di removable disk yang dah di lepas. relink om..

  115. Alex Says:

    keep up the good work!g

  116. tri Says:

    salam kenal,

    Saya pakai adobe premiere pro 2.0,
    kenapa plugin burger transisi tidak bisa dipakai. malahan premiere nya ga bisa dibuka.


  117. @tri
    sy blum pnah coba burger di premiere 2.0
    mungkin aja burger nda suport d 2.0
    entar sy coba d kompiku..

  118. dhika Says:

    hallo…

    slm kenal.
    baru sekarang nih sy baca blog yg anda buat. cukup menarik!

    mau bagi pengalaman jg nih… mudah2an blh yah…
    mngenai edit, potong, nempel, nyatuin video, sy jg org baru…

    yg pertama hardware.. sering kali kendala yg besar, tp buat saya bs diakalin… intinya ram dan hdd saja yg besar, dan capture card, klo yg baru mw belajar editing video….
    INTINYA KLO
    RAM : 4 GB deh biar aman
    HDD: 500GB min biar aman jg klo punya budged yg gede 1tb
    Cap CARD: sesuaikan aj dng kbutuhan n dana klo butuhnya port IEEE1394 cukup firewire sj tp klo mw ada composite pake yg CC kelas semi pro consumer, agak mahal tp kualitas kinclongggggggg…..

    dan rekomen diatas udah nempel ditubuh CPU yg saya punya… klo mau liat hasilnya diyoutube TAGS: MAGAZINE MERCU TV
    ***********************************************
    RE:mas mas sekalian…

    saya mau tanya nih..
    saya pake PC yang terdiri dari :
    CPU : Intel Core2Duo
    RAM: 2 gb
    Hard Drive : 160 gb
    MotherBoard :GigaByte 945PL-S3G
    Dll…

    trus saya pakai software corel video studio 12.0
    saya sudah capture video dati handycam saya ke pc
    setelah saya edit, saya burn jadi VCD…
    setelah selesai menjadi VCD saya coba dengan vcd player ternyata hasil videonya gak bersih alias pecah”…

    mohon bantuannya mas….
    apa komputer saya yang masih kurang d upgrade atau saya yang salah dalam proses pengerjaannya…

    thanks ya…
    ***********************************************
    klo udah jd budel video yang berformat avi atau mpeg memang agak susah… karena klo dijadikan vcd pasti ada proses pengompresian, dan hasilnya pasti kotak2….

    coba pake premiere aj ngeditnya trus renderingnya pake canopus procoder 2.0… pas saat saya peke itu hasilnya oke n dibakar jd vcd lumayan bersih hasilnya….!

    tp klo memang tetep aj jelek hasilnya…. curiagai VGA anda, dan capture cardnya…
    min untuk VGA 128bit dan memorinya 128m atau lebih besar dan jg fitur2 VGA yg mendukung mpeg!


  119. @tri
    burger dah aku coba d 2.0 n ternyata error. emang nda suport kayanya.
    @dhika
    big thanks..

  120. FAIZAL Says:

    mas mau tanya bagai mana cara menghilangkan tulisan plus pro pada transion pinacle9


  121. pinaclenya full version nda om?

  122. ian Says:

    mantap benar baca blog ini …

    saya yakin dan percaya kawan2 disini adalah pekerja seni videografer terbaik. yang saya mau tanyakan … saya fotografer bergelut di bidang wedding .. ingin sekali mencoba hal2 baru seperti video, apa teman2 ada yang menyediakan jasa les private utk area jakarta barat atau utara (maklum kerjanya deket2 sana) ,,,, mohon bantuannya ,ulai dr perlengkapan apa yang harus dibeli misal comp dgn spec apa, kamera video merk n model apa (pinginnya sih sony HDV) kemudian cara shooting yang baik sampai proses editing dan penyajiannya.

    saya dengan rendah hati meminta bantuan kawan2 utk memberi tahu atau merekomendasikan, mungkin ada kenalan atau temen yg punya jiwa pengajar.

    Hp sy 08558020500 …. mohon bantuannya dan sekali lagi thx

  123. ian Says:

    btw buat yang bikin blog ini …. ulun kawa bahasa banjar loh hehehe

    pa habar banua ….

  124. LUZ Says:

    THAT’S REALLY SUPRISE ME, SALLUUUUUT TO YOU, BOY

  125. belajar edit Says:

    Sorry nimbrung, aku pake ulead video studio pro 8
    biar kalo buat vcd hasilnya bagus/halus gimana ya caranya?
    ad nyang tau? kalo bisa setting sejak transver sampe proses akhir.


  126. hasil yg bagus kaya gmn nih?
    ngeditnya seperti biasa sj om…
    bis tu render ke avi. trus convert vcd pake soft canopus/tmpg.. lumayan hasilna.
    klo mo mantab dvd aja om..
    ato sekalian avi compressi canopus dv, canopus HQ, indeo video 5.10, ato ff flv1..

  127. jodri sanif Says:

    saya memakai ulead 11.5 full version yang saya beli dari sebrang sana. spec komputer saya, Intel(R) Core (TM) 2 Quad Q6600 @ 2400 MHz dengan HDD 1 TeraByte dan RAM 8 GB

    saat ini saya sedang membuat video berformat HDTV, dengan menggunakan Ulead tersebut saat preview hasilnya sangat jernih, adapun video ini saya rekam dengan menggunakan Handicam Sony seri HDR-SR12E….. tapi yang saya bingungkan klo dah di putar di Plasma TV saya dirumah hasilnya jadi pecah, kenapa begitu ya ????????? terima kasih buah jawabannya

  128. Cak Noer Says:

    Setau saya disamping dari card capture n video edtg, yg berpengaruh terhadap hasil vcd tergantung juga pada sumbernya. Kamera yg dipake utk rec, cara pengoperasian kamera, juga ketika pengambilan gambar.. Pencahayaan thd objek harus sesuai dgn yg dikehendaki n sesuai dgn kemampuan kamera. Jarak objek terhadap kamera dll. Untuk proses after record sampe burning ke vcd card capture aqu sarankan pake matrox ataw paling tidak cannopus pro HD. Software adobe premiere ataw edius yg penting support ma cardnya. Spec kompi termasuk VGA juga harus mengikuti recom dr card capture.. Pengen lbh detail kirim email ke rajawali_dgtl@yahoo.co.id ataw contact rajawali digital recording enhancements

  129. Hamdi Says:

    Wow…luar biasa bgt ni blog,buat aq yg msh awam di dunia video editing.wawasan saya smakin brtambh n smakin termotivasi untk trjun di dunia ini.thanx

  130. abone Says:

    salam dunia edit…

    ikutan nimbrung nih…..
    klo aq slama ini pake ulead 11 tu enak banget, gak susah koq…
    klo ada masalah aq langsung tanya ama om google aja.tp by the way aq mo nanyak nih ………

    software yang paling bagus tuk edit video tu sbnernya pake apaan sih…?

    trus klo di studio-studio terkenal tu edit videonya pake software apa?

    thanks yaaa… kalo bisa jwabnya kirim k email aq…OK!

  131. sutha Says:

    mas q mau tanya, waktu pas ngedit film q ngliat gambar yg under ketika di render mas, ntu banyak banget bintik-bintik yang ada didalam frame dalam film itu, nah gimana sih mas ngilangin binyik-bintik itu


  132. wedew, gambar under mmg susah diakalin..
    bintik2 pada video digital karena pada saat pengambilan gambar cahaya masuk kedalam lensa kurang. usahakan cahaya slalu normal pas take gamber., tp, klo mmg cahaya nda mumpuni coba naikkan exposure ato shuter speed kamera. trus untuk ngakalin bintiknya pas editing coba kasi effect diffusion. biasanya pas color correct/grading di after effects.

  133. chandra Says:

    gini pak, skarang saya pake cyberlink power director,nurut bpk gmn?
    standart gak buat bisnis editing?

  134. Redy Says:

    selain software canopus imaginate 2.0, software apa yg sejenis imaginate, soalnya imaginate engga keluar versi terbaru, lagian imaginate tidak kompatibel dengan windows vista.


  135. apapun softwarenya bukan masalah..
    yang penting kecepatan kerja dan hasil akhir om..

  136. frd Says:

    mas pakai cardnya pinacle kalau di render ke detect nggak

  137. Dolls13 Says:

    Sumpah om..
    itu spec compie nya bener-bener compie idaman smua broadcaster deh !!!

    Hasil vdeo yg dihasilkan jg pasti sangat memuaskan,tapi semua tetap tergantung dengan kreativitas kta ..

    Good luck.

  138. Daruz19 Says:

    Mumpang takon, yoow…
    keistimewaan cyberlink PDR 7 tu, apanya aja sich??

  139. zeat Says:

    salam kenal mas…..q juga lgi belajar editing video ya klu makai tool yang ada di pinacle ma ulead sich bisa tapi tool yang biasa di gunakan untuk editing video.klu sekarang aku pakai pinacle 10….aku mau tanya ma teman2 mungkin bisa membantu q treansver video ke kompi pakai usb tapi setelah di edit dan di burning hasilnya kog g bening yang bikin aku bingung tu kog wajah orang yang ada di video g bisa jelas ya kan itu hal penting pa masalahnya ya, pa karena softwarenya or usb q ngeditnya di laptop….makasih sebelumnay

    ada yang tau teknik pengambilan video agar menarik ya paling tidak waktu ada pernikahan….sry banyaj tnya aku jawabanya dari teman2

  140. Mack Says:

    saya adlah pengguna adobe primer,tp bru awal sja ne,,gmana ya cara yang cepet n mudah untuk pengeditan video mnggunekan adobe primere


  141. waktu transfer pake usb format file na apa mas?
    trus filena di compresi pake codec apa? laptopnya kaya gmn?
    coba baca2 post sebelumnya..


  142. hehehe..
    coba buka premierenya n knalan dulu mack..
    ato coba buka blogku. di sana ada tutorialna..

  143. Tedy Says:

    Itu kamu harus inslal holywood fx dari pinnacle bwt ngilangin logonya

  144. adhitya Says:

    assalamualaikum ….

    halo para editor ….
    eeek aku mau tanya donk .. kalo bkin efek-efek glow dmn ya buat video ???kaya videoklip melly goeslaw yang glow .. apa pake software laen apa d premiere bisa bikin yang kaya gitu ??

    makasih !!
    mohon bantuannya !!

  145. Dolls13 Says:

    Mas giezkaluvorsky !!!aq seneng skali bsa mnemukan web ini!!!
    Aq jg lagi bljar’ bwt editing mas,Tpi ilmu qu msh terlau jauh dari mas..Hhehehe…

    Klo boleh,mnta YM mas donk!!biar kta bsa shering aj..
    Gmana????Thx mas y…

  146. Dolls13 Says:

    Mas klo boleh??Aq mo mnta cariin software adobe premiere pro donk!!yg brp aj mas….
    Bis’a aq mke adobe premiere 6.5 trlalu d persulit…

    boleh kan mas y??????


  147. mas, klo mo coba glow gtu coba dobel layer videona (numpuk). trus tumpukan atas di blur ssuai selera trus turunin opasitina 50% ato overlay..
    tp klo mau lebih mantap pake after effect.. dah ada langsung tools nya..


  148. @dolls
    boleh di giezkaluvorsky@yahoo.com.
    tp synya jarang ol. buka aja web ku. dsana ada bbrapa tutor editing.
    anyway, ini blog punya om amed.
    saya dah ngungsi dari wordpress..

  149. Amd Says:

    @ Giez
    Saya juga udah ngungsi ho ho ho…

  150. Dolls13 Says:

    iya mas aq jga jd ikut terharu…
    Hiks..hiks..

  151. bieswaskito Says:

    salam

  152. Ikal Says:

    Lam kenal semua…
    Ikutan nih nimbrung share masalah editing..
    Saya sendiri bisa dibilang editor… sering ngerjain macem2 editan, dari Wedding, Animasi Bumper, Company profile, dll (Kok jadi Promosi…)He3x…
    Selama ini Saya sudah cinta mati sama namanya software Adobe Premiere Pro.. dari yg versi 5 sampe CS3 dah nyobain…
    gmn ga… modal PC & software ntu aja didukung software rendering lain, dah bisa hasilin uang.. Alhamdullillah Pokoknya deh…
    Sekedar share aja nih… Kalo Saya punya racikan khusus buat editan sampai hasil DVDnya, software antara lain:
    - Kombinasi 3dsmax, Photoshop & After effect buat animasi
    - Swishmax buat text animasi
    - Adobe Premier CS3 buat final composing & rendering
    - Adobe Auditon3 buat editing audio
    - TMPenc Express4 buat converting ke MPEG1 atau MPEG2
    - DVDlab Pro buat Compile Menu DVD
    - Nero 8 buat Burning
    buat saya dgn tuh semua software dah bisa buat hasil editan yang Maksimal… tp juga yg terpenting dibutuhkan daya kreatifitas tinggi..
    Segitu aja deh share dari Saya…
    OK..

  153. ANTONI Says:

    kalaw boleh tau apa aja yang harus diseting untuk mendapatkan gambar yang bagus!!! mohan balasanya

  154. Suryo Says:

    As. Wr. Wb.
    Salam kenal juga, saya lagi nyobain edit video dari sony hdr-tg7ve wah kayaknya komputer ane kurang sip apalagi kalau format HD. Aku juga nyoba untuk memasukan beberapa efect pada video selain sound. Kalau mau membuat teks yang paling bagus selain wishmax apa pak ya?????? seringkali juga viture di program kita tidak menyediakan untuk import teks dengan jelas.

    Suryo
    Bavarian

  155. pentul Says:

    untuk gite’e sewaktu anda gunakan swishmax coba ratio pixelnya diperbesar kemudian baru convert ke avi…silahkan coba

  156. Azie ZP Says:

    Mau praktis, Mudah & sangat ringkas gak..???

    Nech gUe kasih tau cara nya…!!!!

    Lho kunjungi aja Situs : http://www.rentalvideo.co.id/zp.entetainment/html:

    Kalau ga bisa ngunjungi situs itu, langsung aja km kunjungi rental video ediitrng terdekat dikota anda, trs serahin aja video yg mau kamu edit itu ma sang edittor nya,,, Gampang kan…!!! hE….
    eh jangan lupa juga tanya berapa dulu hrga tarif tuk edit nya…!!! Ha…Haaa…..
    cOz sekarang ini bnyk penipuan..!!!
    Tarif normal nya biasanya 1 kaset nya cuman 50.000 doank kok.. murah aja kan?? jd kita ga perlu repot – repot lg kan…!!!!

  157. anto Says:

    kulo nwun

    semua orang pingin maju,termasuk dalam karir atau yg lainya.

    jadi wajr klo pingin tahu caranya.ya..walau kadang terbentur di modal…thxs..

  158. ajie Says:

    Numpang tanya, klo colokan(port) firewire yang pci bisa dipake semua bersamaan ga ya? Ceritanya mau latihan bikin live event kecil2an. Sayang ga kuat beli video mixer, jadi rencananya mau pake switcher digital. Mumpung camcordernya udah ada 4biji pas sama colokan portnya firewire. Mohon pencerahannya, Thanks sebelumnya.

  159. Parman Says:

    Hallo semua , Salam kenal.

    saya sekarang memakai adobe premiere pro cs3. dulunya pakai Magix Movie edit pro 10. saya suka sekali adobe premiere karna bisa meningkatkan kreativitas kita.apalagi sama after efeknya wah keren sekali..
    tetapi saya mempunyai masalah dengan render. hasil render selalu membuat video jadi blur ( kurang tajam gambarnya ) ato terjadi penurunan kualitas yg mencolok.Mohon petunjuknya. terima kasih .
    ada beberapa hal yg mungkin perlu di ketahui para pakar sebelum bisa membantu saya antara lain :
    1. saya memakai sony handycam dvd.
    2. tranfer dari sony handycam ke komputer pakai software
    bawaan handycam hasilnya jadi Mpg (handycam tidak ada
    colokan firewire cuma ada usb )
    3. setelah edit pakai premiere saya export langsung ke avi
    hasilnya video jadi blur.
    4. kalo pakai adobe media encoder – Mpeg-2 hasilnya agak
    tajam sedikit ( tetap ada penurunan kualitas dari video asli)
    dan warna putih jadi bergaris.
    Saya bingung mau bertanya kemana lagi. Mohon petunjuknya.

  160. hendro Says:

    mas mas ,,, aku mu nanya klu encod make tmpegnc ke vcd bagusnya setelah diedit apa sebelum diedit???? thank’s

  161. Parman Says:

    salam kenal.
    mau tanya nih ama yang lebih pengalaman, tentang adobe premiere pro cs3. kenapa ya hasil render ke avi video ku selalu jadi agak blur ato jadi gak jernih ( malahan jadi agak gelap )..padahal hasil rekamannya ato yg aslinya jernih??
    aku coba render ke mpeg2-dvd hasilnya agak jernih tetapi warna putihnya bergaris-garis..tolong ya kalo tahu solusinya…terima kasih.

  162. DenBagoes Says:

    wah kebetulan sekedar sher nich. pertama dulu aku juga coba-coba n nanya sana nanya sini, sekarang q pake ulead 10plus pakenya gak ribet n gampang tolls mudah dipahami hasil rendernya gak kalah ma shoftware profesional n tinggal pilih juga didukung full hd. kebetulan sich copiqu dual core 2,2 n vga ati HD4650 512, RAM 2Gz jadi lancar2 aja

  163. Tota Says:

    Kalo kompi msh mampu pake adobe premiere cs4, saat render msh bs buat ngedit. Dari premiere export jadi avi dulu trus convert pake tmpegnc mo jd vcd/dvd kualitas oke. kalo mo pake authoring pake aja adobe encoder. Tapi jangan lupa VGA jangan onboard minimal ya ati 4560 ato nvidia 9500.

  164. hendra Says:

    @Parman : proses capture dari camcorder ke PC harusnya bentuk format AVI, setelah proses ngedit output render boleh langsung mpeg1 (format vcd) kalau mau langsung burning, tapi kalo mau encoding kembali sebaiknya format output rendernya tetap Avi, nanti proses encodingnya baru ke bentuk mpeg1/vcd.
    Ingat !
    capture Avi, lalu dirender Avi, kemudian encoding ke Mpeg1 hasilnya Mantafff
    capture Mpeg1, lalu dirender Avi, kemudian encoding ke Mpeg1 hasilnya Hancurrrr

    @Hendro
    baiknya setelah proses edit

    mungkin itu aja dari saya seorang nubie . trim’s


  165. walaupun sdh terlambat, tdk ada salahnya utk membagi informasi…Untuk jawaban dari teman2 di atas (kaya’ guru aja..hehehe)..jalan satu2nya adalah merender file kita tersebut menjadi DVD, apapun spek komputer kita tanpa VGA yg mendukung hasilnya bakalan pecah…dan harga VGA tersebut bkn tanggung2 (sila cek dgn mbah google)..NVIDIA-QUADRO FX 3800….krna sy udah coba semua program (hslnya sama saja)…kenapa sy brani bilang menggunakan Quadro (sy udah liat buktinya)..bkn punya sy (kalo sy sich…lebih bagus beli tanah..hehehe)…Semangat buat videografer.!!!

  166. bofan Says:

    Processor, sbnrny pentium 3 juga bisa.. Tapi,, harus agak “sabar”. Semakin cepet prosesornya, rendering smakin cepat, ngedit smakin nyaman. Untuk spek kompie, ini yang paling penting. O iy, sm yg pake lapie kecil, kadang soal resolusi layar jg brmasalah..

    Untuk transfer, tergantung kameranya sh.. Umumnya, bisa pake firewire atau usb 2.0.

    Buat belajar, bisa dari nyoba2 Windows Movie Maker. Kan biasanya udah terinstall di kompie, jadi tinggal pake. Ini lumayan lengkap & mudah utk prkenalan, udah bisa transfer dari handycam (capture), potong-potong video, tambah video transistion, tambah title, dsb.

    Untuk tutorial, kalo saya sih suka bljr dari youtube. Soalnya langsung dipandu step by step, jadi se-awam apapun insyaallah bisa.

    Tips supaya jago, ada yg bilang dari sering2 nonton film spy bnyk referensi. Ada jg yg bilang dari kebiasaan aja. Kalo pesen saya sh cuma 1, stiap video itu unik. Coba aja rasain apa yg diperlukan oleh video itu. Jgn cuma nambah2in efek sbanyak2nya supaya kliatan jago.

    Sgitu aja, smoga brmanfaat.. :D Salam knal..

    Btw, buat yg di bandung & msh pmula, bljr sama sy jg boleh.. Contact sy di 085691690022

  167. Ary Says:

    Maz, Spek komp saya Processor Intel Core 2 Duo E4500 2,2 GHz, RAM 2GB VISPRO PC-5300, Hard disk : 160 GB Sata 7200 Rpm, DVD-RW, DirectX 9.0c, Mother board : GF7050VT-M5, VGA On Board, Windows XP Service Pack 2. di Komp saya ini sudah saya instal ULEAD VIDEO STUDIO 11, itu pasti kalau di burn di CD truz dilihat di VCD pasti hasilnya tidak bisa FULL SCREEN itu kenapa ya???? padahal sudah saya pilih PAL VCD. dan MPEG 1 PAL, itu tetap hasilnya nggak bisa…… saya pakai handycam SONY DCR-SR 45e sama handycam SONY DCR-SR47e…… itu kenapa ya maz…. truz yang harus saya lakukan apa maz????? kalau diganti software, softwarenya apa, alamat software yang didownload apa???? Tolong pertanya’an saya dijawab……. saya tunggu…… terima kasih….

  168. kenong Says:

    kalo tu seh key nya blm di buka semua,,,,dah gt untuk sofware ini beda ma yang lainyya,,,,di tipe program berat….
    ini menurut pengalaman saya ngedit pake pinacle 11/12

  169. Red Says:

    Coba buka file n cari properies…pilih remder settingnya ke best mas….

  170. Crybow Says:

    Keren jg nich Blog.. Ngrumpi disini aja ahhh…

    Klo butuh bantuan gue minta tolong ya??? Boleh kan???

    Untuk saat ini masih lancar2 aja..

    Oya, untuk tarif editing video wedding di kota2 tu nyampe brp ya?? Mo terjun di dunia gituan nich..

    Makasih sebelumnya..

  171. @Junior Says:

    hola semua…

    wahh…kyak nya pda ngomongin adobe premiere nih…
    cma sharing pengalaman aj…memang ckup memuaskan klo hnya project rumahan memakai premiere pro…
    tetapi kembali kepada defenisi semula…adobe premiere hnya software edit yg gunanya…hny bsa memotong2 gmbar, capture, memberi efek, transisi, tempalte, title,,,dll..
    yg artinya jika tmen2 ingin buat animasi bergerak kta hrus lbih mengandalkan software lain seperti after efect, photoshop pun turut andil besar dlm sebuah proses editing,,,
    sbenarnya ke-3 software itu sangat erat sekali kekerabatanya dlm membuat suatu project yg memuaskan…

    1lgi pengalaman sya memakai premiere, Pc akan menjerit ketika project yg kta kerjakan sudah lebih dri 30menit/ pemakaian efek dan transisi yg terlalu banyak…
    hny sekedar sharing..agar tetap nyaman (tdk macet2) hrus diperhatikan Ram & Vga…recommended Ram 2giga & Vga 512mb…tak msalah walaupun procesor bukan dual-core ataupun core2duo…tetep Mannntabbb….

    sya hnya merecomendasikan bgi tmen2 yg ingin mencoba-coba premiere..tnya kepada tman terdekat yg tentunya bsa menggunakan premier pro…krn dri semua tutor ataupun buku yg ad..pling mudah mencerna informasi dri seorang teman…

    klo tmen2 klian pelit / tdk ad yg bsa menggunakan premiere pro…cba tmen2 cri buku yg judul nya : VIDEO EDITING dan VIDEO PRODUTION…penerbitnya: eleks media komputindo..

    ohh..y once again klo tmen2 mau yg free2 cba search di google..CARA MENGGUNAKAN ADOBEPREMIERE BY DARMAWAN di jamin informasi dri doi Free..

    maap tmen2 klo ane ad kesalahan maklum ane kan jga manusia,,,hee

  172. tony Says:

    klo sy capturnya pake firewire, tp cameranya jg yg ada colokan fire wire..murah kok fire wire,hasilnya gak kalah jauh dg captur yg mahal2? soalnya kan rendernya kan cuma vcd ?

  173. tony Says:

    kayaknya mslah anda hanya pada card transfernya sj..usul ya mas..?sampeyan ganti cameramya yg ada fire wire ato ganti card transfernya biar hasil bagus ?kalo harga kurang tahu saya..

  174. tony Says:

    mas..plug in untk tarnsation effek adope premier por 2 itu pake apa ?slama ini saya pake pinacle gold 4.5 n premiernya pake pro 1,5, krn saya pulg ini di premier pro 2 ga mau?

  175. Kiruh Says:

    para suhu..tolong tutorial tmpeg dvd author, saya punya tapi gak bisa pakenya gimana ya..?
    thanks

  176. mandaska Says:

    mas punya serial nuber TMPG expres gak?kalo punya please deh sharing ke kita.lewat email or forum ini juga boleh,thanks

  177. Ardan Says:

    Apa saja Y Vido Editing

  178. ali Says:

    bos numpang nanya neh,knapa abis editing video dari ulead 11plus trus render ke dvd jadinya bagus ,tapi hasil videonya saya burning jadi vcd di nero 7 hasilnya videonya kurang bagus bos,itu knape ya,??apa disc nya ga bagus,or spec komp ane yg kurang ok,soalnya specnya minim bgt neh,P3,RAM384,VGA onboard64,tolong solusinya buat yang jago2 editing neh..thanks

  179. Rendra Says:

    Mas Ali.. Klo DVD to resolusinya tu 720×576.
    Sedangkan untuk VCD punya resolusi 354×288 Otomatis klo dijadiin VCD kualitas gambarnya akan menurun.. Jadi mending dijadiin DVD Video aja..

  180. Rendra Says:

    Saya pernah pake DVD Author mas, tp saya kira masih lebih mudah dan efisien pake Free DVD Creator.. Free koq ini.. lebih mudah dan cepat.. Coba aja..

  181. ali Says:

    ooiyee bener2 ,thanks udh dpt solusinye mas rendra…hehehe..

  182. hamzi Says:

    1.apakah perbezaan diantara kodek JPEG berbandingan kodek JPEG2000? yang manakah lebih baik? jelaskan.

    2. kodek yang manakah lebih bagus untuk video, kodek MPEG-1 atau kodek MPEG-2? jelaskan.

    3. persamaan dan perbezaan diantara kodek Div 7 dan XviD 1.2.2.

  183. Rusman Says:

    Maaf baru gabung mau tanya sofware apa dipakai bagus untuk opening wedding? Thanks

  184. deval Says:

    ad yang tau authentication code vegas movie studio 9.0 serial 1HR-ZZ68-TDRM-5D72 ga????? tolong smua…..


  185. bagaimana caranya mengedit video yang terus akan di pindah ke VCD?

  186. agus Says:

    boleh juga tuch,,,

  187. Widodo Says:

    aku baru belajar 1 tahun ini n dikit2 udah jalan. software ku primier 3. n aku pengin rendernya dari primier plug in ama canopus tapi blm bisa bagaimana ya caranya ?

  188. Widodo Says:

    kalo ada layar merah to tandanya sumber datanya udah dihapus dari komp nya kalo nggak gitu datanya telah dipindah ke folder yang beda dengan folder yang lalu

  189. PGR Says:

    kalo editingnya pake softwer Pinnecle setiap efek transisi mempunyai serial number sendiri sendiri….. jadi harus di crack terlebih dahulu serial number masing masing effek….baru deh efek yg mendukung bisa berjalan…. jika tidak maka hanya effek standar aja yang berpungsi…..

    Sarannya : dari pada pucing2x dounload, mending beli Cd nya aja deh bajakan cuma 15 Rb tuh mas..

  190. Lutfi Says:

    Saya mau nyoba mengedit video dengan ulead video tpi g’ bisa… coz q blm tau bagaimana caranya menggunakanya……….. tolong ya. q di beri buku panduan ulead video studio 10…… makasih sblumnya…..

  191. IPAM Says:

    kalau mau hasil lebih bagus tambah VGA dan memory, utk VGA paling tidak 512 / 1 GB sekalian, untuk memory/RAM minimal 2 GB


  192. Pengalaman Video pernikahan sudah kami geluti kurang lebih 2 th. Mulai dari nol hingga sedikit profesional. Penggunaan software editing, aku lebih suka menggunakan ULEAD VIDEO STUDIO dan PINNACLE 12 Ultimate. Meskipun bajakan, yang jelas kami bisa menampilkan gambar lumayan bagus.
    Terakhir kami menggarap video clip lagu daerah. Boleh dilihat di http://jagalaras.blogspot.com
    Pengalaman baru juga sih. Tapi untuk bertukar pengalaman, silahkan aja komen. Mungkin bisa sedikit membantu.
    Thanks.

  193. om atens Says:

    lam knal semua sob,,,,
    sekedar share aja, saya pake PC asus Processor 1,8g, ram 1g, Hdd 320 gb, VGA Nvidia 512/128bit. hhehehehe… ga ngerti nerangin compinya, yg jelas saya beli merek asus gitu…

    kalo buat editing saya menggunakan pinacle 12, selain free,,, banyak transisinya yg disediain, kemudian cara menggunakannya gampang, untuk animasinya saya pake yang udah jadi di youtube,,,
    mksh sblmnya ,,,

  194. Nrow Says:

    Salam smuannya………….
    saya maw nanya ama temen2 smua tentang editing video. Saya punya pinnacle tapi hasilnya kabur…gimana y buat biar hasilnya lebih jernih…………..thanks

  195. jabon Says:

    belajar editing video bagi saya sulit banget, pernah mencoba belajar edit foto aja berantakan, tapi kalo emang suka justru apapun itu akan terasa menjadi kepuasan saat ribetnya terpecahkan…

  196. masmuh Says:

    soal software video editing coba cari di 4shared atau di indowebster bos, ada yang rada simple kok, nyari yang gratisan….hehe

  197. hendra Says:

    saya biasa memakai corel video studio x2 untuk mengedit setiap kebaktian di gereja.
    bagaimana supaya hasil video yang di edit bisa seperti film ya ?
    sekarang saya mulai belajar adobe premiere, tapi susah sekali.buku panduan apa yang gampang dimengerti untuk belajar adobe tsb. thx ya

  198. jack aun Says:

    untuk lumayan bagus bikin VCD, di render file dvd dulu di ULEAD 11..trus masukin ke vegas 8,baru dirender format vcd nya di sony vegas 8..cukup bagus….tapi ingat computermu jangan terlalu banyak programnya..punyaku cuman ada nero 7,ulead 11,sony vegas 8,..aku pake amd athlon x2,ram 4 giga,vga ati radeon 512mb,..tapi khusus C (program) hardiskusendiri 80 giga,satunya 360giga..trus kalo ngrekam gambar jangan di zoom (kalo bisa)..gak ribet khan…alhamdulilah,dengan bisnis ini saya bisa menghidupi anak istri saya dg layak,..nah untuk proses editing fotonya..(kan aku photographer wedding juga)..aku pake kompi satunya lg..isinya juga cuma adobe cs3,nero7,tok…itulah teman himbauanku,akukan cuman dokumentasi pernikahan,bukan spec broadcast..ya sederhana aja..tapi juga sering nerima bikin klip dangdut lokal..yang utama adalah skil..

  199. henry Says:

    salam kenal….

    mau nanya ni ma temen” barangkali ada yg bisa bantu. aku ngedit pake adobe premiere cs 3, kalo nge capture SD gak ada masalah, tp kalo nge capture HDV kok antara gambar dan audionya gak sinkron ya ada yg bisa bantu?

  200. Q puek Says:

    wagu banget…tdk mutu & mengada ada…

  201. Cacak Sudaryatno Says:

    wah jawaban anda berbelit-belit dan cenderung pamer!!!
    di samping tdk mendidik jg menjerumuskan…
    tolong klu menerangkan pakai bhs IT bos, biar meyakinkan!!! trm ksh.

  202. kuswati Says:

    wah jawaban anda berbelit-belit dan cenderung pamer!!!
    di samping tdk mendidik jg menjerumuskan…
    tolong klu menerangkan pakai bhs IT bos, biar meyakinkan!!! trm ksh.

  203. timo Says:

    mw download uled video edting ribet bgt , semua nya bohong

  204. Amd Says:

    Yg mau download siapa om? yang bohong siapa?

  205. Bofan Says:

    iseng-iseng ah jawab pertanyaan di atas (henry)..

    Kalo ga salah, kalo mau ngedit HD komputernya harus diinstall codec khusus.. Atau mgkn bisa pake alternatif lain, kyk videonya diconvert dulu ke format lain, trus baru diedit.. Tapi ga efisien sih.. haha

  206. mastoto Says:

    Terima Kasih untuk semua atas pencerahannya … ;)

    Semoga semuanya diberkahi oleh Allah SWT. Amin.

  207. yuda Says:

    dimana ya kira-kira bisa mendapatin sony vegas yang pro, mohon
    pencerahan dari sobat semua

  208. anakdesa Says:

    para master sy mau coba belajar edit vidio yang mau sy tanyakan dulu,cmptr pntium4 hardisk 40gb ram cuman 256mb,jika sya menggunakan adobe premier pro, ulead video, pinacle studio
    Apakah cmputer dg ram sgitu bs mampu menjalankan aplikasi2 tersebut?mhon jawabannya,terimakasih sebelum nya.


  209. wah, mantap juga tuh… mari juga bergabung di http://www.facebook.com/maritocomptech
    atau komunitas FB videography surabaya community untuk sharing…
    sekalian gua numpang iklan gan, jangan disensor ya:

    marito comptech -wedding videography surabaya-
    T. 03170253852, H. 08563036852
    see our advs. PRICE LIST at :
    MANTEN EROPA
    http://jasa-pernikahan.blogspot.com/2010/09/price-list-manten-eropa-2010.html
    MANTEN JAWA
    http://jasa-pernikahan.blogspot.com/2010/09/price-list-manten-jawa-2010.html
    KASET MINIDV PANASONIC BARU @ Rp. 16.000,- (80.000/BOX)
    KIRIM GRATIS AREA SURABAYA (minimum Pengambilan 1BOX)

  210. novalizers Says:

    klo pke sofwre bawaan windows..kyk windows movie maker..ok jg…trus pke ULEAD ok jg…tp ada lg yg lebih Ok…MAGIC MOVIE MAKER…ini sofwre udh keren bnget…kita bsa skaligus edit audionya…sprti sofwre QBAAS yg cm fokus ke editing audio..klo mke MMM..kita udh bs selesaikan smuanya..audio n visualnya jg…

  211. vinsens Says:

    mau tanya, nubie
    saya pke sony vegas 10
    kok preview di storyboard saya cuma 3 doang, bagian awal, tengah, dan akhir
    nih gambarnya:
    http://img827.imageshack.us/img827/3769/1221201040654pm.jpg
    klo cuma 3 kan susah… apapun video yang saya edit pasti cuma 3 walau durasinya 1jam sekalipun, punya solusi buat ngaturnya ga?
    thx

  212. noeh Says:

    boleh kalo ada yg minat memperdalam video/audio editing, saya siap bantu kalo emang bisa…saat ini Tuhan kasih saya ilmu buat olah video n audio antara lain: Avid,Edius,Premiere, Finalcut, Nuendo dll, monggo yang minat..Insya Alloh gratis..bayar pake do’a aja.mksih


  213. SAYA BOS blum bisa apa apa… hahahaha

  214. uripsarip Says:

    nih gan sebagai tambahan softwarenya silahkan kunjung http://www.d34productions.blogspot.com

  215. sukarno Says:

    paling gampang dan simple ulied aja beres brow

  216. Rendra Says:

    Mainkan scroll mouse’nya bro..

  217. DUKE Says:

    hadew bingung…mau nanya apa ya..?

  218. rex Says:

    menurut aku sih, mau pake adobe premiere, PINNACLE, Corel Video studio, Sony Vegas atau yang lainnya kembali ke masing-masing orang sesuai dengan kebutuhan karena software bukanlah segalanya tapi KONSEP, INSPIRASI, KREATIVITAS, DAN KESABARAN….. yang akan menghidupkan software, yang pada akhirnya
    menghasilkan karya yang besar dan profesional. Sekedar info nih, beberapa waktu lalu aku dapat link download Corel Video Studio X4 yang Full (ada keygennya) di sini:

    http://rudymaturbongs.blogspot.com/2011/03/download-corel-video-studio-x4-full.html

  219. andhi Says:

    asalamualaikum.nama saya andhi.saya mau mendirikan bisnis video soting.tp saya belum tau sama sekali.mohon dibantu spek komputer yang digunakan untuk video editing dan software apa saja yang diperlukan untuk video editing.saya mohon dikirimkan ke email saya andhiharyanto@ymail.com.sebelumnya saya ucapkan banyak trimakasih

  220. irfan Says:

    kalo saya pake corel 13 & pinnacle 9, komputer jg gak perlu canggih2…. dualcore 1.6 Ghz, ram DDR 2 2Gb, HDD 200Gb, VGA Ati Radeon 256 dualcore (jadi kebaca di XP 512, kalo di vista & 7 jdi 1GB)
    itu ja udh cukup ko’ buat editing video, hasilnya jg oke bgt

  221. aries Says:

    kk beri tau ak cra belajar kapuera dong dan cara melenturkan tubuh ku ameh bisa salto gitu

  222. yuen Says:

    bisa gak 3ds max kita gabungkan dengan flash.

  223. irfan Says:

    sepertinya gak bisa, sebab file extensi yg dihasilkan berbeda

  224. isar Says:

    sy seorang amatiran. coba mengedit lewat ulead 11 tapi bingung ngga tahu caranya untuk render bentuk DVD Pal…mohon bantuannya!

  225. widodo Says:

    gimana ya bozzzz cranya menampilkan vidio yang ada pada software edius 5

  226. Helm Says:

    mau tanya n h,…gimana caranya transfer video yg udah di edit, untuk ditransfer ke DVD. sy pake adobe premiere pro cs 4.
    makasih …

  227. doel Says:

    Numpang nanya donk, ak pke ulead video studio 11, pas ak masukin video koq suaranya putus2 yach, padahal videonya dah bagus….

    thanx be4, maklum nich baru belajar

  228. Aan_btg Says:

    waduh kalau dengan spek compi seperti itu kasian ente kerjanya bisa tensi tinggi krna nungguin previewnya aja udah lama, diganti aja kompinya dulu ntr baru kerjain editingnya

  229. Aan_btg Says:

    klik share nah dibawah ada created video file klik aja ntr banyak pilihannya kalau mau DVD, VCD, Mpeg 2, Mpeg 1 dll

  230. Aan_btg Says:

    klik file Export pilh adobe media encoder, na di tampilan ada export seting tinggal pilih mau format apa, rangenya, presetnya dsb, banyak tinggal kebutuhan….tapi biasanya kalau lewat software yg sama hasilnya kurang bagus…lebih baik pake software stand alone spt conopus procoder

  231. Aan_btg Says:

    ganti/pasang sound card external…

  232. yoedhi Says:

    Bisa hubungi kemana saya mau juga ne…share tentang olah video…mau belajar banyak…he…he, mumpunk ada yang nawari gratis

  233. satria Says:

    maaf mas sebelumnya aga kluar dari topik
    mas saya ada kendala dengan kaset mini dv gambar dan suara macet2.. di player lain juga sama.. setahu saya kalau head dah kotor dan harus ganti memang di player macet2 tp kalo bwat rekam dan di player tempat lain ga masalah… nah yg ini lain sebelumnya itu kaset gapapa di player ga macet2 tapi setelah beberapa hari kmudian kasetnya di player malah macet2 apa karena lembab.. penyelesaiannya bagaimana ya mas.. pusing nih tolong bantu. asap

  234. theo Says:

    mau tanya nih mas, editing pake edius 6,begitu file video bentuk avi dimasukin ke time line kok yg muncul suaranya doang kenapa ya,gambar videonya gak muncul???mohon bimbingannya…..

  235. F.Zero Says:

    mohon…bantuan para master…edit vidio……,saya punya handycam merk JVC…., pake kaset HD master EC-45 panasonic…alias handycam jadul…, yg saya tanyakan….pakai alat atau Usb apa agar dapat mentransfer vidio ke pc..
    yg menjadi masalah,….,
    klau diputar langsung hasil rekaman handycam bisa,dicolokan ke TV…memakai kabel CD/DVD player…..jadi saya mau simpan hasil rekaman tersebut,,,,bingung…., ngk tau nama alat transfernya….dan kabelnya….
    krena di handycam jadul saya tersebut….tidak ada USB nya…..yg ada cuma colokan Vidio out dan Audio Out…….bantuin donk…….saya pingin juga belajar edit vidio……..??

  236. Aan Says:

    beli card video [tv tunner]

  237. wito Says:

    selamat siang semua saya seorang yg pgn belajar premire pro cs2 tp waktu di render vcd hasl nya kurang bagus gmn cara seting expornya


  238. ada yang punya link downloadnya edius canopus pro3.5 skalian title motionnya gak?

  239. ruhulawil Says:

    Bagi pemula dan profesional COREL VIDEO STUDIO Pilihannya

  240. yanuppix Says:

    @wito: coba ente pake Canopus Pro Coder,, saya sudah lama pake,, lumayan bagus lah hasilnya…

  241. regan Says:

    Kalau mau sih. pake Vegas pro. punya saya 10. skrg seh udah masuk ke 11. cuma nambahin FX buat edit audio…

  242. zaidabudzar Says:

    saya mau tanya, saya ngedit video, tapi saya masih bingung untuk rendering, kira2 biar hasilnya bagus tapi ukuranya nggak terlalu besar itu rendering ke format yang apa? makasih sebelumnya..

  243. zaidabudzar Says:

    saya pakai corel studio video X4

  244. rokergunung Says:

    mau tanya, spech laptop sy corei3, ram 2 gb, os windows 7.
    sy edit video, pake corel ulead pro x4, pertanyaan sy,
    knp hasil render patah2? apa ada yg kurang dgn spech laptop sy?? atau sy yg ada yg kurang.
    sebelumnya kl di pc pakai ulead 10, lancar2 saja. mohon bantuananya n trm ksh


  245. untuk zaidabutzar : sekedar masukan, bukan menggurui hee. sy jg seorang editor video. kalau maslah krn takut hrdisx g cukup. pengen hasil bagus tp kapasitas filex kecil. boleh pake format MPEG-4 atau MPEG2 untuk hasil DVD. tapi kalau hardisk banyak conver aja ke file DV atau AVI mas bro
    moga bermamfaat met mencoba

  246. ramawww.studio27.co.cc Says:

    maaf mau tanya2 nih…..skr banyak format HD yg baru bikin bingung nih… saya coba edit format gambar h264 sama avchd tp jarang software editing yg suport, klo pun ada kerjanya kurang maksimal. saya pake corel video studio prox4 untuk vormat avchd namu hasil gambar kurang halus, apa mungk8in karena hardware kali ya? spek kompi saya athlon x2 4600, mobo ecs a780gm a black series, vga 2GB 6400, hardisk 250GB. kira2 spek standard untuk format HD apa ya? tp yg murah meriah aja :p Thanks b 4

  247. adhyt sii black'white Says:

    untuk mas Rama.. joba conver ke format file DV.
    thanks

  248. adhyt sii black'white Says:

    untuk zaidabutzar : sekedar masukan, bukan menggurui hee. sy jg seorang editor video. kalau maslah krn takut hrdisx g cukup. pengen hasil bagus tp kapasitas filex kecil. boleh pake format MPEG-4 atau MPEG2 untuk hasil DVD. tapi kalau hardisk banyak conver aja ke file DV atau AVI mas bro

  249. rama Says:

    thanks mas adhyt… btw punya referensi ga, kira2 converter apa yg ajib bt format HD????

  250. rehza pratama Says:

    pernah baca forum (tapi lupa di mana) :D, sony vegas itu dapet rating 5, sedangkan adobe premiere dapet 4. tapi kalau kata saya sih sesuai kebutuhan…

  251. satriopanduw Says:

    gan ane lagi edit video ada 2 video yg bikin ane pusing nih !
    ada 2 video orang nyayi, ane mw bikin setelah video 1 main nh lanjut ke video 2. yg bikin ane bingung di tengah2 antara video 1 dan 2 tu bagusnya dikasih apa ? biar pas diputar kan g langsung masuk ke video 2 ane mwnya nambahin sesuatu, bagusnya apa y gan ????

  252. Inzhou Says:

    MAntap mas!!!MAJU TERUS!!!!

  253. Aldy Says:

    hmmmm gan seakrang kan udah ada softweare editing video banyak tuh nah terus cara belajar terbaikknya gimana ?>>>>????

    jangan lupa kjunjungi
    belajar-mengedit-video.blogspot.com

  254. Ocu Rhadj Says:

    kalo encoding video dari avi ke vcd.dengan menggunakan vga nvidea gtx460.trus dgn file yang sama render pake Vga Quadro fx1500.hasil nya yg halus yg mana ya? ..(encodingnya di procoder exp)


  255. mf ni gan aq mw tnya sma ka yannupix ato pun smw yg tw tpi agak menyimpang dari ap yg dbhas, ad yg tw g kl mw download driver AMD ATHLON sma ATI RADEON yg bgs n full dmana n gmana? ? ? thx :)
    i’m wait your comment

  256. Farid Fajar Says:

    klo mw kursur dimana mas ya…


Comments are closed.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: